Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Penggunaan Sistem E-Learning Undiksha dengan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)

Authors

  • I Gede Arya Sukarya Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Ardwi Pradnyana Prodi Sistem Informasi, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Sugihartini Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/insert.v1i2.25940

Keywords:

E-learning Undiksha, UTAUT, Perilaku Penggunaan

Abstract

Sistem E-learning dikembangkan oleh Undiksha untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas pembelajaran. Namun pada kenyataannya E-learning Undiksha belum dimanfaatkan secara maksimal oleh dosen di lingkungan Undiksha. Pengguna dapat menerima dan menggunakan sistem adalah hal yang penting untuk dapat mengetahui tingkat keberhasilan dari implementasi sistem tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku penggunaan sistem E-learning Undiksha dengan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). UTAUT merupakan salah satu model penerimaan teknologi yang menggabungkan delapan teori penerimaan teknologi sebelumnya. UTAUT memiliki empat konstruk utama yaitu ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha,  pengaruh sosial dan kondisi yang memfasilitasi. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner tertutup dengan sampel 64 Dosen Undiksha. Dianalisis menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ekspektasi kinerja, ekpektasi usaha, pengaruh sosial dan kondisi yang memfasiitasi berpengaruh positif terhadap perilaku penggunaan sistem E-learning Undiksha (2) Variabel moderator jenis kelamin memperkuat hubungan ekspektasi kinerja dan ekspektasi usaha terhadap perilaku penggunaan sistem E-learning Undiksha sedangkan untuk variabel moderator jenis kelamin memperlemah hubungan variabel pengaruh sosial terhadap perilaku penggunaan sistem E-learning Undiksha (3) Variabel moderator umur memperkuat hubungan variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial dan kondisi yang memfasilitasi terhadap perilaku penggunaan sistem E-learning Undiksha (4) Variabel moderator pengalaman memperkuat hubungan ekspektasi usaha, pengaruh sosial dan kondisi yang memfasilitasi terhadap perilaku penggunaan sistem E-learning Undiksha.

References

Asra, A., Irawan, P., & Purwoto, A. (2015). Metode Penelitian Survei. Bogor: Penerbit IN Media.

Baptista, G., & Oliveira, T. (2015). Computers in Human Behavior Understanding mobile banking : The unified theory of acceptance and use of technology combined with cultural moderators. 418–430.

Bing Tan, P. J. (2013). Applying the UTAUT to Understand Factors Affecting the Use of English E-Learning Websites in Taiwan.

Hartono, J. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: ANDI.

Indriani, M. (2012). Efek Moderasi dari Usia dan Jenis Kelamin dalam Penerimaan E-KTP di Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta.

Noviansyah, M. (2017). Kajian Penerimaan Dan Penggunaan Virtual Private Network ( VPN ) Dalam Pelaksanaan Kegiatan Kasir . Studi Kasus Pada PT Duta Karimah.

Rivai, M. B. (2014). Penerapan Model The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) untuk Memahami Tingkat Penerimaan dan Penggunaan E-Learning (Be Smart) Di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sedana, I., & Wijaya, S. W. (2010). Penerapan Model Utaut untuk Memahami Penerimaan dan Penggunaan Learning Management System Studi Kasus: Experential E-Learning of Sanata Dharma University. Jurnal Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer, 114–120.

Sugiyona. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaukani, M. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pemanfaatan Sistem Ekokardiografi Bagi Tenaga Medis.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information Technology. Management Information Systems Research Center, University of Minnesota, 425–478.

Yulianti, & Handayani, P. W. (2011). Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Pengguna dalam Menggunakan sistem ERP dengan Studi Kasus PT XYZ. Journal of Information Systems, 69–75.

Downloads

Published

2021-01-26

Issue

Section

Articles