Implementasi Forward Chaining untuk Mendiagnosis Penyakit Tanaman Kopi

Authors

  • Kadek Dwi Pradnyani Novianti Prodi Sistem Informasi, ITB STIKOM Bali
  • I Made Deddy Karunia Gunawan Prodi Sistem Informasi, ITB STIKOM Bali
  • Ni Kadek Sukerti Prodi Sistem Informasi, ITB STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/insert.v1i2.30547

Keywords:

Sistem Pakar, Penyakit Tanaman Kopi Arabika, Forward Chaining

Abstract

Pengembangan usaha tani kopi khususnya di daerah Kintamani yaitu di Subak Desa Belantih mejadi perhatian besar karena melihat komoditi kopi menjadi komoditi utama yang dihasilkan dari daerah ini. Namun teknik budidaya tanaman kopi Arabika di daerah Kintamani masih kurang memadai sehingga menimbulkan berbagai gangguan pertumbuhan tanaman.Salah satunya adalah penyakit tanaman. Petani tanaman kopi Arabika di daerah Kintamani memliki sedikit informasi yang berkaitan dengan penyakit tanaman kopi sehingga penanganannya menjadi tidak sesuai. Untuk mengatasi hal ini kemudian dibangunlah system pakar yang mengimplementasikan metode forward chaining untuk mendiagnosis penyakit tanaman padi. Sistem dibuat berbasis web dengan basis data MySQL dan PhpMyAdmin. Setelah system berhasil diimplementasi maka dilakukan pengujian menggunakan blackbox testing. Hasil pengujian menunjukan bahwa semua fungsi-fungsi yang ada dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

References

A.S, R., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung.

Kusrini. (2008). Sistem Pakar. In Aplikasi Sistem Pakar (I, pp. 8–10). Yogyakarta: Andi.

Maridelana, V. P., Hariyati, Y., & Kuntadi, E. B. (2014). FUNGSI KEUNTUNGAN USAHATANI KOPI RAKYAT DI DESA BELANTIH KECAMATAN KINTAMANI KABUPATEN BANGLI. Berkala Ilmiah Pertanian, 1(3), 47–52.

Ndjurumbaha, E. U. ., Purwantara, I. M. A., & Suwirmayanti, N. L. G. P. (2018). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENTAKIT TANAMAN KAPAS MENGGUNAKAN METODE DECISION TREE BERBASIS ANDROID. STIKOM Bali.

Sutojo, T., Mulyanto, E., & Suhartono, V. (2011). Sistem Pakar. In Kecerdasan Buatan (I, pp. 160–169). Yogyakarta: Andi.

Yoga Priantara, I., Mulyani, S., & Satriawan, I. (2017). Analisis Nilai Tambah Pengolahan Kopi Arabika Kintamani Bangli. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 4(4), 33 – 42.

Yusuf, D., Hidayat, A., & Ashari, B. (2015). Agroinformatika Sistem Pakar Diagnosa Hama Penyakit dan Penanganan Pada Tanaman Jeruk Berbasis Web di Purwoharjo, 6–10.

Downloads

Published

2021-01-26

Issue

Section

Articles