Panji Sakti “The King of Buleleng” : Game 3D Cerita Rakyat Berbasis Desktop

Authors

  • Putu Gilang Pratama Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Saindra Santyadiputra Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Windu Antara Kesiman Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/insert.v1i2.31040

Keywords:

Cerita Rakyat Panji Sakti, Game, Pemodelan 3 Dimensi

Abstract

Game 3D cerita rakyat berbasis desktop ini menceritakan tentang riwayat hidup dari Panji Sakti atau sering dikenal juga sebagai Ki Barak Panji Sakti yang merupakan raja pertama Buleleng. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui tentang cerita rakyat Panji Sakti. Terbukti dari angket yang disebar peneliti. Selain itu media untuk menceritakan cerita rakyat Panji Sakti masih dalam bentuk buku, dimana ini merupakan bentuk kuno di zaman yang sudah modern. Yang mengakibatkan kurangnya minat untuk mengetahui cerita Panji Sakti itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan rancangan game 3D cerita rakyat Panji Sakti yang nantinya dapat menambah minat masyarakat untuk melestarikan cerita rakyat Panji Sakti. Game 3D cerita rakyat ini menggunakan metode Game Development Life Cycle. Hasil akhir dari game ini berupa program executable.

References

Adiwikarta, R., Dirgantara, H. B. (2017). Pengembangan Permainan Video Endless Running Berbasis Android Menggunakan Framework Game Development Life Cycle. Kalbiscentia Jurnal Sains dan Teknologi. 4(2), 142-148. Tersedia: (http://research.kalbis.ac.id/Research/Files/Article/Full/878IVF1Q2PRZ7GIWSF2KINATI.pdf. Diakses 10 Desember 2019)

Afif, R. L., Satoto, K. I., Martono, K. T. (2014). Perancangan PC Game First Person Shooter Menggunakan Unreal Development Kit. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. 2(2), 149-156. Tersedia: (https://jtsiskom.undip.ac.id/index.php/jtsiskom/article/view/5483/5272. Diakses 10 Desember 2019)

Fathoni, K., Nur Hasim, J. A., Fathony, M. Z., Hakkun, R. Y., Asmara, R. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Cerita Rakyat Timun Mas Berbasis Game 3D. Jurnal Nasional Teknologi Terapan. 2(1), 62-70. Tersedia: (https://jurnal.ugm.ac.id/jntt/article/view/39160/22371. Diakses 11 Desember 2019)

Darma, N. T. A, Arthana, I K. R., Putrama, I M. (2017). Pengembangan Aplikasi Game Kisah Panji Sakti Berbasis Mobile. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. 6(3), 283-294. Tersedia: (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/12018/pdf. Diakses 11 Desember 2019)

International Design School. (2016, November 25). Memahami Lebih Dalam Pengertian Animasi 3D. Tersedia: (https://idseducation.com/articles/memahami-lebih-dalampengertian-animasi-3d/)

Prayudi, K. A. W., Arthana, I. K. R., & Wirawan, I. M. A. (2015). Pengembangan Game Labrin Matematika Tingkat SD. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika, 4(5), 414–421.

Wati, M. S., Darmawiguna, I. G. M., & Putrama, I. M. (2016). Pengembangan Game “Meboros Kidang” Sebagai Bentuk Pelestarian Tradisi Meboros di Bali. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Inforrmatika (KARMAPATI), Volume 5(Nomor 1), 20–27. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/KP/article/view/6797

Indra, D., Darmawiguna, I. G. M., & Arthana, I. K. R. (2015). “Escape from Ancient Bali” Game Adventure Berbasis Edukasi dan Budaya. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), Volume 4(Nomor 5), 422–429.

Renavitasari, I. R. D., Irawati, D. A., & Prasetyo, A. (2016). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Budaya Indonesia “Jelajah” Berbasis Android. Seminar Informatika Aplikatif Polinema 2016, Volume 1, 1–5.

F. A. Purnomo, E. H. Pratisto, T. NH, F. Sahrul, and I. P. Lestari, “Pembuatan Game Edukasi ‘Petualangan Si Gemul’ Sebagai Pembelajaran Pengenalan Daerah Solo Raya Pada Anak,” J. Simetris, vol. 7, no. 2, pp. 619–626, 2016.

J. B. Cakra, “Pembuatan Game Bergenre Side Scroller 2.5D Bertemakan Cerita Rakyat Sawunggaling Berjudul ‘The Legend of Sawunggaling,’” Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya, 2018.

M, Septya., dkk.2016. Game Sejarah Terbentuknya Kota Samarinda Menggunakan Role Playing Game (RPG) Maker VX Ace. Jurnal Infotel 8(1) 56-63. Tersedia Pada https://media.neliti.com/media/publications/103942-ID-game-sejarah-terbentuknya-kota-samarinda.pdf.

Slick, J. (2018, Maret 25). What Is 3D Modeling?. Tersedia: (https://www.lifewire.com/what-is-3d-modeling-2164)

Justin P. (2016). 3D Game Design with Unreal Engine 4 and Blender. Packt Publishing 2016

Satheesh PV. (2016). Unreal Engine 4 Game Development Essentials. Packt Publishing 2016.

Alireza Tavakkoli. (2018). Game Development and Simulation with Unreal Technology, second edition. CRC Press 2018.

Downloads

Published

2021-01-26

Issue

Section

Articles