Pengembangan Game Multiplayer Pengenalan Budaya Gebug Ende Seraya Karangasem Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.23887/insert.v1i2.31108Keywords:
Games, Gebug Ende, GDLCAbstract
Tujuan dari pengembangan game ini yaitu sebagai media pengetahuan game berbasis budaya yang dapat membantu masyarakat untuk lebih mengenal budaya khususnya Gebug Ende Seraya Karangasem. Memperkenalakan budaya untuk melestarikan budaya bali sangat perlu deperhatikan karena banyak tradisi dan budaya yang jarang diketahui oleh anak-anak maupun orang dewasa, permasalahan dasar yang dihadapi dalam upaya pelestarian trasdisi ini adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengetahui warisan leluhur khususnya yang ada di Bali. Pengembangan game ini mengunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle) yang terdiri dari enam tahap, diantaranya adalah Initiation, Pre-Production, Production, Testing, Beta dan Release. Terdapat empat jenis pengujian yang dilakukan yaitu uji black box, uji ahli isi, uji ahli media dan uji tingkat pengalaman pengguna menggunakan pengujian UEQ (User Experience Questionnaire). Hasil yang telah diperoleh dari pengujian yang telah dilakukan mendapatkan respon yang sangat baik.
References
Club, B. T. (n.d.). Gebug Ende Seraya. Retrieved February 20, 2020, from https://www.balitoursclub.net/gebug-ende-seraya/
Nyoman Trisna Adi Darma, I Ketut Resika Arthana, I. M. P. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI GAME KISAH PANJI SAKTI BERBASIS MOBILE. JANAPATI (Jurnal Nasional Pendidikan TeknikInformatika), Volume 6.
Rajab, B. A. S., & Kuswantoro, R. B. H. (2018). Perancangan Game Fighting Peresean Sebagai Media Pengenalan Budaya Suku Sasak. XIII(November), 76–83.
Schell, J. (2014). The Art of Game Design__ A Book of Lenses. Second Edition-A K Peters_CRC Press.
Teknosecret. (2019). Game Development Life Cycle (GDLC).
https://teknosecret.wordpress.com/2019/03/28/game-development-life-cycle-gdlc/
Topata, J. (n.d.). Pengertian Budaya. https://www.mypurohith.com/pengertian-budaya/
Utomo, P. R., & Lakoro, R. (2012). Perancangan Concept Art Game Berlatar Budaya Majapahit Sebagai Media Komunikasi Budaya. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 1(1), F1–F5. http://www.ejurnal.its.ac.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
INSERT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.