Assessment of Capability Level and IT Governance Improvement Base on COBIT 5 and ITIL V3 2011 Framework: A Case Study PT. XYZ

Authors

  • I Nyoman Sujana Saputra
  • Budi Yuwono

DOI:

https://doi.org/10.23887/insert.v2i1.34404

Keywords:

COBIT, ITIL, Tata Kelola TI, Tingkat Kapabilitas

Abstract

Menjaga kinerja layanan merupakan tanggung jawab organisasi yang bergerak di bidang pelayanan. Sebagai organisasi penyedia layanan jaringan telekomunikasi baik jaringan setelit maupun terestrial, penurunan kinerja layanan adalah salah satu indikasi terjadinya masalah dalam pengelolaan TI di organisasi. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengelolaan TI di organisasi diperlukan pengukuran tingkat kapabilitas. COBIT 5 dengan kombinasi kerangka kerja ITIL V3 2011 adalah kerangka kerja yang digunakan untuk mengukur tingkat kapabilitas proses-proses TI. Metodologi dalam penelitian ini dimulai dari mengidentifikasi permasalahan di organisasi, menentukan service lifecycle ITIL V3 2011 yang berkaitan, dan memetakan proses-proses pada service lifecycle ITIL V3 2011 tersebut dengan proses-proses pada COBIT 5. Dari hasil pemetaan ini diperoleh proses-proses COBIT 5 yang kemudian diseleksi kembali berdasarkan relevansi dengan permasalahan organisasi. Pengukuran proses-proses COBIT yang relevan dilakukan menggunakan metode PAM (Process Assessment Model) yang mengacu pada standar ISO/IEC 15504. Dengan menetapkan target tingkat kapabilitas, dapat dilakukan gap analysis, prioritisasi perbaikan proses, menetapkan KPI (Key Performace Indicator), dan memberikan rekomendasi aktivitas setiap proses TI. Dari hasil pengukuran terhadap 12 proses TI diperoleh hasil bahwa tingkat kapabilitas proses TI berada pada level 1 (performed) sebanyak 8 proses dan level 2 (managed) sebanyak 4 proses. Untuk memperbaiki tingkat kapabilitas proses- proses TI tersebut, COBIT 5 telah memberikan panduan dan rekomendasi aktivitas untuk setiap proses TI.

References

Ansyari, F. (2011). Perancangan Kerangka Kerja Tata Kelola Teknologi Informasi Berdasarkan Framework COBIT 4.1 dan ITIL 3 di PT. LG Electronics Indonesia. Jakarta: Universitas Indonesia.

Bank Indonesia. (2007). Peraturan Bank Indonesia Nomor: 9/15/PBI/2007 Tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum.

Bimantara, A. B. (2015). Perancangan Tata Kelola Pada Proyek Pengembangan Sistem dengan Kerangka Kerja COBIT 5: Studi Kasus PT. Bank XYZ ( Persero ) Tbk. Jakarta: Universitas Indonesia.

Cabinet Office. (2011a). ITIL Continual Service Improvement 2011 Edition.

Cabinet Office. (2011b). ITIL Service Design 2011 Edition.

Cabinet Office. (2011c). ITIL Service Operation 2011 Edition.

Cabinet Office. (2011d). ITIL Service Strategy 2011 Edition.

Cabinet Office. (2011e). ITIL Service Transition 2011 Edition.

De Haes, S., Van Grembergen, W., Anant, J., & Huygh, T. (2020). Enterprise Governance of Information Technology. Achieving Alignment and Value in Digital Organizations.

Gintings, P. G. I. (2011). Perancangan Tata Kelola Infrastruktur Teknolog Informasi Pada Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi. Jakarta: Universitas Indonesia.

ISACA. (2012a). COBIT 5: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT.

ISACA. (2012b). COBIT 5: Enabling Processes.

ISACA. (2013a). COBIT Process Assessment Model (PAM).

ISACA. (2013b). COBIT Self-Assessment Guide.

ISACA. (2018a). COBIT 2019 Framework: Governance and Management Objectives.

ISACA. (2018b). COBIT 2019 Framework: Introduction and Methodology.

ISO/IEC. (2003). Software Engineering - Process Assessment, Part2: Performing an Assessment - ISO 15504.

Kementerian Keuangan. (2010). Panduan Pengelolaan Kinerja Berbasis Balanced Scorecard di Lingkungan Kementerian Keuangan.

Kenol, J. E. (2010). The Basics of FMEA. Paper presented at the Meeting of American Society for Quality (ASQ) North Jersey, NJ.

LRRC. (2010). Prioritizing Agency Needs.

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Peraturan OJK 38/POJK.03/2016 tentang Penerapan Manajemen Risiko dalam Penggunaan Teknologi Informasi.

Peterson, R. R. (2007). Integration Strategies and Tactics for Information Technology Governance. Developing Successful ICT Strategies: Competitive Advantages in a Global Knowledge-Driven Society, 240–280.

PT. XYZ. (2013). Corporate Business Process, Problem Handling & Performance Report Process PT. XYZ.

Siburian, N. W. (2015). Pengukuran Tingkat Kapabilitas Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5: Studi Kasus Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan. Jakarta: Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2021-08-12

Issue

Section

Articles