Sistem Informasi Pengadaan Barang Berbasis Web pada PT. Arpan Bali Utama

Penulis

  • Ni Kadek Sutriasih Prodi Teknik Informatik, STMIK STIKOM Indonesia
  • I Made Dwi Putra Asana Prodi Teknik Informatik, STMIK STIKOM Indonesia
  • Ni Putu Suci Meinarni Prodi Teknik Informatik, STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/insert.v2i1.35087

Kata Kunci:

Sistem Informasi, Pengadaan Barang, Jurnal, Akuntansi

Abstrak

PT Arpan Bali Utama merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi minuman wine. Adapun beberapa permasalahan yang ada yaitu disaat proses pencatatan transaksi pembelian dan penerimaan barang, serta permasalahan lainnya yaitu, pihak manager tidak memiliki laporan perbandingan pemesanan dan penerimaan sehingga tidak diketahui bagaimana pelayanan dari pihak supplier. Solusi dari masalah tersebut adalah dengan membangun sistem pengadaan barang. Langkah-langkah yang dilakukan dalam tahap pengembangan sistem ini antara lain dengan metode: analisis perancangan, implementasi dan pengujian sistem dengan black box testing dan pengujian User Acceptance Test (UAT). Hasil dari penelitian bahwa sistem informasi pengadaan barang dapat membantu perusahaan dalam pencatatan dan pelaporan pengadaan barang. Terdapat fitur data barang, data supplier, data purchase order, data penerimaan, data pembayaran serta data penjualan yang berfungsi dalam pencatatan pembelian dan penjualan barang. Selain itu juga terdapat fitur penjurnalan yang berfungsi untuk pencatatan biaya-biaya pada perusahaan. Manager perusahaan juga dapat mencetak laporan pembelian, penjualan, perbandingan, penerimaan, laporan jurnal, buku besar, laba rugi serta laporan neraca saldo. Hasil pengujian menggunakan metode black box testing dan pengujian User Acceptance Test (UAT). Metode black box testing menunjukkan bahwa semua fitur yang terdapat dalam sistem berjalan dengan baik sesuai fungsinya. Sedangkan hasil pengujian User Acceptance Test terhadap sistem pendukung keputusan ini memperoleh persentase 86.5%.

Referensi

A. S., R., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Informatika.

Fitriana, J., Ripanti, E. F., & Tursina. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi dengan Metode Profile Matching ( Studi Kasus : Fakultas Teknik UNTAN ). 6(4), 157–164.

Nur Majdina Hibatur Rahman, & Sri Muryani. (2017). Aplikasi Akuntansi Untuk Menyusun Laporan Keuangan Pada Koperasi Amanah Jakarta. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, Vol.1, No., 155–168.

Oktarina, F., & Widjaja, A. (2019). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGADAAN BARANG PADA CV. MITRA ANUGERAH. IDEALIS, 2.

Rahmat Tullah. (2014). Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Pada Politeknik Lp3i Jakarta Dengan Metode Pieces. Jurnal Sisfotek Global, Vol 4 No 1.

Ramadhani. (2011). Pembangunan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Irsyad Tegal. Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 131–139.

Setyawan, A., Muttaqin, Z., & Angpa, S. S. (2019). Aplikasi Pengadaan Barang Berbasis Web Pada PT. Powerblock Indonesia. Prosisko, 6.

Sukamto, & Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak. Informatika.

Yanto, R. (2016). Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Deepublish.

Diterbitkan

2021-08-12

Terbitan

Bagian

Articles