Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Jenis-Jenis Pekerjaan Berbasis Virtual Reality
DOI:
https://doi.org/10.23887/insert.v2i1.35661Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, ADDIE, Virtual Reality, Pengenalan Jenis-Jenis PekerjaanAbstract
Pengembangan media pembelajaran pengenalan jenis-jenis pekerjaan berbasil virtual reality ini dibuat untuk membantu proses pembelajaran di TK (Taman Kanak Kanak) dimana aplikasi ini dapat digunakan sebagai salah satu pilihan media pembelajaran khususnya untuk tema pekerjaan. Aplikasi ini dapat memberikan suasana nyata tempat pekerjaan dari pekerja yang dipilih, kemudian informasi mengenai apa saja pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja tersebut, dan terakhir alat-alat pendukung pekerjaan mereka beserta fungsinya. Adapun pekerjaan yang ditampilkan dalam aplikasi ini meliputi 4 jenis pekerjaan dimana akan didbagi menjadi dua lagi yaitu 2 pekerjaan penghasil jasa (guru, dan dokter) kemudian 2 pekerjaan penghasil barang yaitu (petani dan tukang kayu). Dengan pengembangan aplikasi ini diharapkan dapat menarik minat belajar anak-anak tentang jenis-jenis pekerjaan yang ada disekeliling mereka. Pengembangan aplikasi Virtual reality Pengenalan Jenis-Jenis Pekerjaan Untuk Anak Usia Dini ini menggunakan model penelitian yaitu model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima langkah yang meliputi tahapan Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implemetasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Pada model ini memberikan kesempatan untuk melakukan evaluasi dan revisi secara terus menerus dalam setiap fase yang dilalui, sehingga produk yang dihasilkan menjadi produk yang valid. Adapun hasil penelitian ini untuk hasil Uji Ahli Media sebesar 82.9% yang artinya pewarnaan, grafis, Interaktif menu dan ikon, audio, pengoperasian aplikasi, keamanan aplikasi, dan penanganan kesalahan dalam Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Jenis-Jenis Pekerjaan Berbasis Virtual Reality dalam rentangan Sangat Baik dan untuk hasil Persentase hasil Uji Ahli Isi sebesar 80% yang artinya isi materi dari aplikasi, pemakaian kata dan bahasa, dan pembelajaran dalam Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Jenis-Jenis Pekerjaan Berbasis Virtual Reality dalam rentangan Sangat Baik.References
Branch, R. M. (2014). Instructional Design : The ADDIE Approach. Springer US.
Herlangga, K. G. D. (2016). Virtual Reality dan Perkembangannya. https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya/
Hernawati, K. (2012). Pengenalan Teknologi Sejak Dini Dengan Belajar Sambil Bermain Melalui Smartphone. Prosiding Kontribusi Pendidikan Matematika Dan Matematika Dalam Membangun Karakter Guru Dan Siswa, November, 978–979. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Kuswari Hernawati, S.Si.,M.Kom./Prosiding Jurdikmat 2012 Kuswari.pdf
Kusuma, T. A., Wirawan, I. M. A., & Arthana, I. K. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Jenis-Jenis Ikan Berbasis Virtual Reality. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(3), 294. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i3.12030
Larman, C. (2005). Use Cases.
Melyani, N., R, M., & Yusuf, A. (2015). STUDI KOMPARASI METODE DEMONSTRASI DENGAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL WARNA USIA 5-6 TAHUN Nurul. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN KHATULISTIWA, 4.
Pradnyana, I. M. A., Arthana, I. K. R., & Sastrawan, I. G. B. H. (2017). Pengembangan Virtual Reality Pengenalan Binatang Buas Untuk Anak Usia Dini ( Studi Kasus : TK Negeri Pembina Singaraja ). Lontar Komputer, 8(3), 188–199.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.
Rusmawan, M. N. (2013). Ilmu Pengetahuan Sosial 3 Untuk Sekolah Dasar & Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
INSERT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.