Pengembangan Aplikasi 3D House Tour Berbasis Virtual Reality dengan Aplikasi Sketchup dan Unity Berbasis Android (Studi Kasus PO. Bello Design)

Authors

  • I Nyoman Oka Bayu Permadi Prodi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Mahendra Darmawiguna Prodi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Partha Sindu Prodi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/insert.v3i1.42811

Keywords:

virtual reality, 3D house tour, scrum, media promosi, design arsitektur, 3D,

Abstract

Media promosi dalam bauran promosi sangatlah penting dalam pengembangan bisnis, utamanya bisnis jasa arsitektur desain interior dan eksterior. Pemilihan media promosi yang tepat akan memberikan dampak terhadap pendapatan yang bisa dihasilkan oleh PO. Bello Design. Hal ini bisa dicapai dengan cara menggunakan media promosi yang tentunya menarik dan bisa meyakinkan para calon konsumen untuk menggunakan jasa dari PO. Bello Design. Maka dari itu diperlukanlah sebuah inovasi Pengembangan Aplikasi 3D House Tour Berbasis Virtual Reality (VR) Dengan Aplikasi SketchUp dan Unity Berbasis Android dengan studi kasus PO. Bello Design. Adapun tujuan dari aplikasi ini adalah agar dapat digunakan sebagai salah satu pilihan media promosi khususnya untuk bisnis bidang desain arsitektur. Aplikasi ini nantinya akan menyuguhkan suasana nyata dari desain arsitektur rumah yang PO. Bello Design jual, kemudian memberikan memberikan informasi mengenai ukuran dari rumah tersebut, dan terakhir dapat memberikan pengguna pilihan untuk mengubah beberapa hal dari desain arsitektur rumah yang telah disediakan agar sesuai dengan keinginan dari pengguna. Dengan pengembangan aplikasi ini diharapkan dapat menarik minat dan meyakinkan para calon konsumen PO. Bello Design untuk menggunakan jasa desain arsitekturnya. Pengembangan Aplikasi 3D House Tour Berbasis Virtual Reality (VR) Dengan Aplikasi SketchUp dan Unity Berbasis Android ini menggunakan metode penelitan dan pengembangan R&D (Research and Development) dengan model yang digunakan yaitu model Agile SCRUM.

References

Wijayanti, I. F. (2017). Marketing Plan! dalam Bisnis (Third Edition). Elex Media Komputindo.

Biljecki, F. (2013). The Concept of Level of Detailin 3D City Models. PhD Proposal. GISt Report No. 62 Delft University of Technology.

Google. (2017, Februari 9). Google VR SDK for Unity. Retrieved from Google VR Website: https://developers.google.com/vr/unity/

Kotler, P. (2001). Manajemen Pemasaran 1. Yogyakarta: Andi.

Turangga, K. G. (2017). PENGEMBANGAN APLIKASI PLANETARIUM BERBASIS VIRTUAL REALITY. UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

Billah, M. M. (2015). AUGMENTED REALITY EDUGAME JENIS-JENIS PEKERJAAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK SEKOLAH DASAR. SURAKARTA: UNIVERSITAS MUHHAMADIYAH SURAKARTA.

Wijaya, K. (2009). Sistem Informasi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Darmadi, D. (2013). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Penjualan (Studi Kasus PT. Astra Internasional Tbk-TSO Cabang Soetoyo Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 2.

Vidiardi, S. (2015). Pengembangan Museum Virtual Interaktid Menggunakan Teknologi Desktop Virtual Reality Pada Museum Ranggawarsita. Diambil kembali dari http://lib.unnes.ac.id/20896/1/5302410066-S.pdf

Shohifah, E. (2013). Aplikasi Tur Virtual Taman Sari 3 Dimensi Menggunakan Unity. Diambil kembali dari http://repository.uii.ac.id/100/SK/I/0/00/009/009420/uii-skripsi-aplikasi%20tur%20viertua-04523369-ENI%20SHOHIFAH-7272220802-04523369.pdf

Wiriawan, I. A. (2016). Virtual Reality SMK Negeri 3 Singaraja.

Palguna, I. G. (2016). Virtual Reality Fakultas Teknik dan Kejuruan

Prabowo, A. Z. (2015). Perancangan dan Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Penjualan Perumahan. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, Vol.3, No.1.

Syaiful, R. (t.thn.). Apa itu Agile? Diambil kembali dari agilecampus.org: https://www.agilecampus.org/apa-itu-agile

Kotler, P., Kertajaya, H., & Den Huan, H. (2017). Marketing for Competitiveness. Bentang Pustaka.

Downloads

Published

2022-09-09

Issue

Section

Articles