Analisis Penerimaan Sistem Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model (Studi Kasus : SIJALAK Desa Pohsanten)

Authors

  • Kadek Dwi Pradnyani Novianti Prodi Sistem Informasi, ITB STIKOM Bali
  • Ni Komang Wina Lestari Putri Prodi Sistem Informasi, ITB STIKOM Bali
  • Ida Ayu Gede Wiwik Purnamayanti Prodi Manajemen Informatika, ITB STIKOM Bali

DOI:

https://doi.org/10.23887/insert.v2i2.43135

Keywords:

TAM, SIJALAK, Desa Pohsanten, PLS

Abstract

Website Sistem Pelayanan Administrasi Khusus Untuk Lingkungan Desa (SIJALAK) merupakan satu-satunya sistem yang digunakan untuk melayani kebutuhan administrasi masyarakat Desa Pohsanten oleh pegawai di kantor Desa Pohsanten. Penelitian ini dlakukan untuk mengetahui penerimaan website SIJALAK dan bertujuan untuk mengkaji penerimaan penggunaan website oleh seluruh pegawai yang bekerja di kantor Desa Pohsanten dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan TAM yang terdiri dari perceived usefulness, perceived ease of use, attitude toward using, behavior intention to use dan actual use untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penerimaan penggunaan SIJALAK. Responden dari penelitian ini adalah seluruh pegawai yang ada. Hasil analisis menunjukan bahwa actual use memiliki nilai path coefficients -0.065 yang tidak berpengaruh positif terhadap peneriman, sedangkan perceived usefulness memiliki nilai 0.414, perceived ease of use dengan nilai 0.218, attitude toward using dengan nilai 0.022, dan behavior intention to use dengan nilai 0.355 menunjukan nilai yang berpengaruh positif terhadap penerimaan SIJALAK. Tidak berpengaruhnya actual use merujuk pada kondisi yang ada bahwa penggunaan website SIJALAK oleh pegawai adalah untuk melayani kebutuhan administrasi jika diperlukan oleh masyarakat desa, sehingga actual use yang dapat dijadikan sebagai dasar pengukuran frekuensi dan durasi penggunaan sistem tidak begitu berpengaruh terhadap penerimaan penggunaan SIJALAK.

References

Endang Fatmawati. (2015). TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) UNTUK MENGANALISIS PENERIMAAN TERHADAP SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN. Jurnal Iqra’, (01), 1–13.

Engelmore, R., & Morgan, A. (1986). Blackboard Systems. (Addison, Ed.). Wesley.

Hasling, D. W., Clancey, W. J., & Rennels, G. R. (1983). Strategic Explanations in Consultation. The International Journal of Man-Machine Studies, 3–19.

Nugroho, H., Suhud, U., & Rochyati. (2018). PENERAPAN PENGEMBANGAN TEORI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN MOTIVASI TERHADAP INTENSI MAHASISWA DI JAKARTA UNTUK MENGGUNAKAN TABLET. Journal of Communication Studies, 5(1), 45–64.

Paramarta, I. G. W. (2018). Analisa Pengukuran Kualitas Wesite STMIK STIKOM Bali Dengan Metode Webqual 4.0. STIKOM Bali.

Rice, J. (1986). Polygon: A System for Parallel Problem Solving. Standford.

Rozandy, R. A., Santoso, I., Putri, S. A., Jurusan, A., Industri, T., Brawijaya, U., … Brawijaya, U. (2013). Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Tingkat Adopsi Teknologi Dengan metode Partical Least Square (Studi Kasus Pada Sentra Industri Tahu Desa Sendang, Kec. Banyakan, Kediri). Jurnal Industria, 1(3), 147–158.

Sander, T., & Teh, P. L. (2016). SmartPLS for the Human Resources Field To Evaluate a Model. In New Challenges of Economic and Business Development (pp. 346–358). Riga: University of Latvia.

Shandyastini, N. M., & Novianti, K. D. P. (2016). Analisis e-Learning STMIK STIKOM Bali Menggunakan Techonology Acceptance Model. Teknoif, 4(2).

Simarmata, J., Chaerul, M., Mukti, R. C., Purba, D. W., Tamrin, A. F., Jamaludin, … Meganingratna. (2020). Teknologi Informasi: Aplikasi dan Penerapannya.

Wibowo, A. (2008). Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model ( TAM ). In Konferensi Nasional Sistem Informasi.

Downloads

Published

2022-01-19

Issue

Section

Articles