Usability Testing pada Sistem Informasi Akademik New Generation (SIAK-NG) Undiksha Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Ditinjau dari Pengguna Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/insert.v3i1.43173Keywords:
Usability, Heuristic Evaluation, HCI, SIAK-NG UndikshaAbstract
Sistem Informasi Akademik New Generation (SIAK-NG) merupakan sebuah sistem informasi akademik terbaru yang dikembangkan oleh UPT TIK Undiksha dan sudah dijalankan pada pertengahan tahun 2019 di Undiksha. Pengujian usability sangat penting dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat usability dari pengguna karena hasil pengukurannya bisa digunakan sebagai masukan dalam proses perbaikan sistem kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi aspek usability SIAK-NG Undiksha dengan Metode Heuristic Evaluation melalui form evaluasi berdasarkan 10 prinsip heuristik dari Jakob Nielsen. Rekomendasi perbaikan SIAK-NG Undiksha didapat dari hasil rerata severity rate pada setiap aspek heuristik dari evaluator serta dari teori Human Computer Interaction (HCI). Pengujian usability pada sistem ini akan dilakukan oleh 3 expert yang memahami bidang HCI, usability dan desain UI. Hasil evaluasi menunjukkan tidak terdapat permasalahan usability dengan kategori mayor, dan hanya ada permasalahan usability yang mencapai kategori minor. Terdapat 4 variabel yang memiliki severity rate dengan kategori minor dan disarankan untuk diperbaiki yaitu pada variabel Heu4, Heu5, Heu9 dan Heu10. Rekomendasi perbaikan pada SIAK-NG Undiksha pada akses mahasiswa melalui pembuatan wireframe difokuskan pada konsistensi desain, termasuk penamaan label menu, label kolom entry data dan keseragaman button, hingga penambahan maupun pengurangan link pada logo dan beberapa icon pada sistem.References
Ahsyar, T. K., Husna, & Syaifullah. (2019). Evaluasi Usability Sistem Informasi Akademik SIAM Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. SNTIKI, 163–170.
Erawati, N. W. E., Arthana, I. K. R., & Pradnyana, I. M. A. (2018). Usability Testing dengan ISO/IEC 9126-4 Sistem Informasi Akademik Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau dari Pengguna Dosen. E-Journal Undiksha.
Hendra, & Arifin, Y. (2018). Web-based Usability Measurement for Student Grading. Procedia Computer Science, 238–247.
Huda, M. (2018). Evaluasi Usability Website STIE Putra Bangsa sebagai Media Informasi Perguruan Tinggi. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 9–19.
Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan (E-education). Mikrotik.
Leavitt, M. O., & Shneiderman, B. (2006). Research-Based Web Design & Usability Guidelines. Department of Health and Human Services.
Nabovati, E., Vakili-Arki, H., & Eslami, S. (2014). Usability Evaluation of Laboratory and Radiology Information Systems Integrated into a Hospital Information System. Journal of Medical System, 35, 1–7.
Nielsen, J. (1994a, November 1). Severity Ratings for Usability Problems. Www.Nngroup.Com. https://www.nngroup.com/articles/how-to-rate-the-severity-of-usability-problems/
Nielsen, J. (1994b, November 1). Summary of Usability Inspection Methods. Www.Nngroup.Com. https://www.nngroup.com/articles/summary-of-usability-inspection-methods/
Nielsen, J. (2020, November 15). 10 Usability Heuristics for User Interface Design. Www.Nngroup.Com. https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/
Nielsen, J., & Mack, R. L. (1994). Usability Inspection Methods. John Wiley & Sons, USA.
Undiksha, W. (2019). Tentang Undiksha. Www.Undiksha.Ac.Id. https://undiksha.ac.id/
UPTTIK, W. (2019). Laksanakan Sosialiasi SI Akademik: Undiksha Hadirkan SIAK-NG Untuk Tingkatkan Layanan Sivitas Akademika. Www.Upttik.Undiksha.Ac.Id. https://upttik.undiksha.ac.id/
Widhiani, D. A. P. A., Arthana, I. K. R., & Pradnyana, A. I. M. (2018). Analisa User Experience Pada Sistem Informasi Akademin Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau dari Pengguna Mahasiswa. E-Journal Undiksha.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 INSERT : Information System and Emerging Technology Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INSERT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.