Pengembangan Prototipe Online Retail Sebagai Wadah Penerapan Teknologi Haptic
DOI:
https://doi.org/10.23887/insert.v5i1.69922Keywords:
E-commerce, Haptic, Pengembangan Perangkat Lunak, Situs Belanja Online, WaterfallAbstract
Belanja online telah menjadi kebiasaan yang umum di kalangan konsumen modern, namun masih menghadapi beberapa tantangan seperti ketidakmampuan untuk mengevaluasi produk secara langsung dan risiko penipuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe situs belanja online yang memanfaatkan teknologi Mid Air Haptic untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengeksplorasi dan mengevaluasi produk secara virtual. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Waterfall, dengan fokus pada tahap-tahap Requirement, Design, Implementation, Testing, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipe yang dikembangkan berhasil mengintegrasikan tampilan produk dalam format 2 Dimensi dan 3 Dimensi serta interaksi dengan teknologi Haptic. Evaluasi dari pengguna menunjukkan tingkat kepuasan yang signifikan terhadap penggunaan teknologi Haptic untuk mengeksplorasi produk, meskipun ada beberapa kendala terkait ergonomi antarmuka pengguna. Temuan ini memberikan kontribusi dalam pengembangan aplikasi belanja online yang lebih interaktif dan menarik, serta menegaskan potensi teknologi Haptic dalam meningkatkan pengalaman pengguna dalam konteks belanja online.
References
DEMİRAG, A., ÖZTÜRK, E. N. D., & ÜNAL, C. (2023). Analysis and Comparision of Waterfall Model and Agile Approach in Software Projects. AJIT-e: Academic Journal of Information Technology, 14(54), 183–203. https://doi.org/10.5824/AJITE.2023.03.002.X
Firzatullah, R. M. (2021). Development of XYZ University’s Student Admission Site Using Waterfall Method. Jurnal Mantik, 5(1), 201–206. https://doi.org/10.35335/MANTIK.VOL5.2021.1300.PP201-206
Füller, J., & Matzler, K. (2007). Virtual product experience and customer participation—A chance for customer-centred, really new products. Technovation, 27(6–7), 378–387.
https://doi.org/10.1016/J.TECHNOVATION.2006.09.005
Jiang, Z., & Benbasat, I. (2004). Virtual product experience: Effects of visual and functional control of products on perceived diagnosticity and flow in electronic shopping. Journal of Management Information Systems, 21(3), 111–147. https://doi.org/10.1080/07421222.2004.11045817
Kesia, S., Aritonang, C., Setiawardani, M., Pramono, T. D., Bisnis, A., Niaga, J. A., & Bandung, P. N. (2023). MAKING WEBSITE-BASED OF PROMOTIONAL MEDIA USING CMS WORDPRESS AT ELTABO COFFEE IN CIMAHI. Records Management System Journal, 2(1), 1–5. Retrieved from https://journal.ebizmark.id/index.php/rmsj/article/view/76
Khairina, A., & Sari, T. N. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Pelanggan Di E-Commerce Shopee Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Potensi Utama. JURNAL WIDYA, 4(2), 379–390. https://doi.org/10.54593/AWL.V4I2.210
Khaliq, A., Arianti, C., Amri Simanjuntak, C., Ahmad Harahap, D. P., Komputer, S., dan Teknologi, S., ... Author,
C. (2023). Perancangan Website Profil Program Studi Menggunakan Content Management System Wordpress. Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 3(3), 196–201. https://doi.org/10.61306/JNASTEK.V3I3.93
Klein, L. R. (2003). Creating virtual product experiences: The role of telepresence. Journal of Interactive Marketing, 17(1), 41–55. https://doi.org/10.1002/dir.10046
Kühn, F., Lichters, M., & Krey, N. (2020). The touchy issue of produce: Need for touch in online grocery retailing. Journal of Business Research, 117, 244–255. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.017
Kurniyanti, V. A., Stmik, D. M., & Jakarta, M. (2022). Perbandingan Model Waterfall Dengan Prototype Pada Pengembangan System Informasi Berbasis Website. Jurnal Syntax Fusion, 2(08), 669–675. https://doi.org/10.54543/FUSION.V2I08.210
Lichters, M., Müller, H., Sarstedt, M., & Vogt, B. (2016). How durable are compromise effects? Journal of
Business Research, 69(10), 4056–4064. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.02.039
Liu, Y. (Alison), Jiang, Z. (Jack), & Chan, H. C. (2019). Touching Products Virtually: Facilitating Consumer Mental Imagery with Gesture Control and Visual Presentation. Journal of Management Information Systems, 36(3), 823–854. https://doi.org/10.1080/07421222.2019.1628901
Maulana, F. I., Susanto, V., Shilo, P., Gunawan, J., Pangestu, G., & Raharja, D. R. B. (2021). Design and Development of Website Dr.Changkitchen Diet Catering Using SDLC Waterfall Model. ACM International Conference Proceeding Series, 75–79. https://doi.org/10.1145/3479645.3479652
Nurhuda, R. H., & Irawan, H. (2023). PENERAPAN E-COMMERCE BUSINESS TO CONSUMER (B2C) MENGGUNAKAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM WORDPRESS STUDI KASUS JOCYSPREI. IDEALIS : InDonEsiA JournaL Information System, 6(1), 17–26. https://doi.org/10.36080/IDEALIS.V6I1.2987
P, M. G. B., Mustofa, M. H. Al, Saputra, R., & Wardani, S. N. (2023). Analisis Resiko Keamanan Pada E- Commerce Shopee Terhadap Kenyamanan Konsumen Menggunakan Metode Kualitatif. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Bisnis, 79–83. https://doi.org/10.5281/ZENODO.581691
Putra, P. M. (2023). Pengembangan Website Bilingual Desa Sidetapa sebagai Media Promosi Pariwisata Desa Baliaga. INSERT : Information System and Emerging Technology Journal, 4(1), 65–73. https://doi.org/10.23887/INSERT.V4I1.59089
Rathee, R., & Rajain, P. (2019). Online shopping environments and consumer’s Need for Touch. Journal of Advances in Management Research, 16(5), 814–826. https://doi.org/10.1108/JAMR-12-2018-0116
Restika, W. (2012). Persepsi Risiko Melakukan E-Commerce Dengan Kepercayaan Konsumen Dalam Membeli Produk Fashion Online. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip
Ruusunen, N., Hallikainen, H., & Laukkanen, T. (2023). Does imagination compensate for the need for touch in 360-virtual shopping? International Journal of Information Management, 70. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2023.102622
Sari, D. F., & Dermawan, R. (2023). Pengaruh Persepsi Risiko dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen E-Commerce Blibli.com di Sidoarjo. COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting, 7(1), 1158–1165. https://doi.org/10.31539/COSTING.V7I1.7310
Surahman, A., Wahyudi, A. D., & Sintaro, S. (2020). Implementasi Teknologi Visual 3D Objek Sebagai Media Peningkatan Promosi Produk E-Marketplace. Jurnal Buana Informatika, 11(2), 123–131. https://doi.org/10.24002/JBI.V11I2.3701
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Maria Nila Anggia Rini, Gabriel Indra Widi Tamtama, Andhika Galuh Prabawati, Halim Budi Santoso, Delvy Tulak Sandatoding
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INSERT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.