Evaluasi Pengalaman Pengguna Website PPID Undiksha Dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)
DOI:
https://doi.org/10.23887/insert.v5i1.70383Keywords:
PPID, User Experience, User Experience QuestionnaireAbstract
Sejalan dengan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Universitas Pendidikan Ganesha sebagai lembaga terbuka telah membangun situs PPID untuk memenuhi kebutuhan data publik. Situs PPID dibangun untuk memudahkan akses berbagai dokumen atau informasi yang tersedia dan telah dikategorikan sesuai dengan kebutuhan pada halaman Daftar Informasi Publik, sehingga memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya. Situs PPID belum pernah dilakukan analisis secara menyeluruh, terutama dalam aspek usabilitynya, Evaluasi usability memiliki banyak teknik dan tahapan untuk dapat menghasilkan rekomendasi perbaikan yang valid. Sehingga, langkah awal yang dapat dilakukan adalah meninjau tingkat pengalaman penggunaan situs PPID sebelum melakukan evaluasi lanjutan. Evaluasi berbasis kuesioner dengan menggunakan user experience questionnaire digunakan dalam penelitian ini. Pada kuesioner ini terdapat 6 indikator yang dinilai dan dibagi ke dalam 26 butir pernyataan. Dari 40 responden, dapat disimpulkan bahwa secara umum tingkat keterlibatan klien terhadap aplikasi PPID Undiksha dinilai positif dilihat dari aspek attractiveness (rata-rata: 1.963), efficiency (rata-rata: 1.906), dependability (rata-rata: 1.775), dan stimulation (rata-rata: 1.713) termasuk dalam kategori sangat baik, sementara aspek perspicuity (rata-rata: 1.869) dan novelty (rata-rata: 1.356) termasuk dalam kategori baik. Penelitian selanjutnya dapat melakukan kombinasi dengan open-ended questions atau wawancara untuk mendapatkan pendapat pengguna mengenai sistem dan masukan pengembangannya.
References
Faishal Erwin, M., Hendrakusma Wardani, N., & Reza Perdanakusuma, A. (2019). Evaluasi Usability Pada Website Malangmenyapa.malangkota.go.id Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(9), 2548–2964. http://j-ptiik.ub.ac.id
Intanny, V., Widiyastuti, I., & Dolorosa Kusuma Perdani, M. (2018). Pengukuran Kebergunaan dan Pengalaman Pengguna Marketplace Jogjaplaza.id dengan Metode UEQ dan USE Questionnaire. Jurnal Pekommas, 3(2), 117–126.
Krug, S., Bayle, E., Straiger, A., & Matcho, M. (2000). Don’t make me think, revisited : a common sense approach to Web usability.
Laugwitz, B., Held, T., & Schrepp, M. (2008). Construction and Evaluation of a User Experience Questionnaire. LNCS, 5298, 63–76.
Mania, S. (2008). Teknik Non Tes: Telaah atas Fungsi Wawancara dan Kuesioner dalam Evaluasi Pendidikan. Lentera Pendidikan, 11(1), 45–54.
Nazli, R., Arbah, N., & Jasri. (2023). Analisis UI/UX Website Universitas Islam Kuantan Singingi Berdasarkan 8 Golden Rules of Interface Design. Technologica, 2(2), 61–69.
Nielsen, J. (1993). Usability Engineering (1 ed., Vol. 1). Sunsoft.
Nugroho, A. W., & Suprihadi. (2023). Analisis User Experience Pada Website Sistem Informasi Tugas Akhir (SITA) Mahasiswa Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 7(1), 399–407. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v7i1.603
Paramitha, A. A. I. ita, Dantes, G. R., & Indrawan, G. (2018). The Evaluation of Web Based Academic Progress Information System Using Heuristic Evaluation and User Experience Questionnaire (UEQ). Third International Conference on Informatics and Computing (ICIC),. https://doi.org/10.1109/IAC.2018.8780430.
Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi Di Merek Dagang Customade Indonesia). JURNAL MANAJEMEN, 6(1), 1–10.
Pratama, A., Faroqi, A., & Mandyartha, E. P. (2022). Evaluation of User Experience in Integrated Learning Information Systems Using User Experience Questionnaire (UEQ). Journal of Information Systems and Informatics, 4(4). http://journal-isi.org/index.php/isihttp://journal-isi.org/index.php/isi
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, (2008).
Santoso, H., Schrepp, M., Kartono Isal, R. Y., Yudha Utom, A., & Priyogi, B. (2016). Measuring the User Experience. The Journal of Educators Online, 13(1). https://doi.org/10.9743/jeo.2016.1.5
Saputra, N., Wijaya, W., Santika, P. P., Ary, I. B., Iswara, I., Nyoman, I., & Arsana, A. (2021). ANALISIS DAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA PaTik BALI DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). 8(2), 217–226. https://doi.org/10.25126/jtiik.202182763
Schrepp, M. (2023). User Experience Questionnaire Handbook (11 ed.). www.ueq-online.org
Schrepp, M., Kollmorgen, J., & Thomaschewski, J. (2023). A Comparison of SUS, UMUX-LITE, and UEQ-S. Dalam Journal of User Experience (Vol. 18, Nomor 2).
Valerian, A., Santoso, H. B., Schrepp, M., & Guarddin, G. (2018). Usability Evaluation and Development of a University Staff Website. 2018 Third International Conference on Informatics and Computing (ICIC). https://doi.org/10.1109/IAC.2018.8780456
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Made Yuda Sadewa, Made Agus Panji Sujaya, I Made Agus Oka Gunawan, Gede Indrawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INSERT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.