User Acceptance Test Terhadap Sistem DIL-Miclearn Sebagai E-Learning Pencapaian Ketuntasan Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/insert.v5i1.77859Keywords:
User Acceptance Test, Black Box Testing, Sistem DIL-MicLearnAbstract
Sistem DIL-MicLearn dapat dipandang sebagai sebuah e-learning yang dipersonalisasi. E-learning ini dikembangkan sebagai platform pembelajaran yang dapat memberikan perlakukan yang berbeda kepada mahasiswa dalam belajar yang disesuaikan dengam kecerdasannya, serta kecepatan belajarnya untuk mencapai ketuntasan belajar secara online. Pada tahap akhir pengembangan Sistem DIL-MicLearn ini, perlu dilakukan pengujian untuk mengetahui kualitas fungsional sistem dan tingkat keberterimaan pengguna terhadap sistem DIL-MicLearn. Pendekatan pengujian yang digunakan dalam User Acceptance Test adalah alpha testing dan beta testing. Alpha testing dilakukan menggunakan metode black box testing dengan teknik equivalence parttitioning, sedangkan beta testing dilakukan menggunakan kuisioner dari System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian menggunakan alpha testing diperoleh bahwa masih ada sebanyak 29,41% fitur-fitur yang belum berfungsi sebagaimana mestinya sesuai dengan rancangan dan kebutuhan pengguna. Sedangkan hasil pengujian menggunakan beta testing dengan mahasiswa sebagai pengguna diperoleh nilai sebesar 84,75. Nilai ini menunjukkan bahwa tingkat keberterimaan mahasiswa terhadap Sistem DIL-MicLearn adalah baik. Nilai tersebut juga dapat dipandang sebagai tingkat kepuasan dari mahasiswa sebagai pengguna dalam menggunakan Sistem DIL-MicLearn dalam pembelajaran.
References
Afrianto, I., Heryandi, A., Finadhita, A., & Atin, S. (2021). User Acceptance Test For Digital Signature Application In Academic Domain To Support The Covid-19 Work From Home Program. International Journal of Information System & Technology Akreditasi, 5(3), 270–280.
Gronier, G., & Baudet, A. (2021). Psychometric Evaluation of the F-SUS: Creation and Validation of the French Version of the System Usability Scale. International Journal of Human-Computer Interaction, 37(16), 1571–1582. https://doi.org/10.1080/10447318.2021.1898828
Ichsan, A., Najib, M., & Ulum, F. (2020). Sistem Informasi Geografis Toko Distro Berdasarkan Rating Kota Bandar Lampung Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 71–79. https://doi.org/10.33365/jtsi.v1i2.207
Irmayanti, A., Nugraha, F. W., & Rahmawati, E. (2023). Rancang bangun sistem informasi kim (kelompok informasi masyarakat) berbasis Website. Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (Series:Engineering and Science), 9(1), 316–325.
Marlina, L. A., Harliana, H., & Wibowo, S. S. (2023). Pengujian Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Teknik Equivalence Partitioning di SMA Nurul Muttaqin Albarokah. Journal Automation Computer Information System, 3(2), 137–145. https://doi.org/10.47134/jacis.v3i2.64
Marti, N. W., Suharta, I. G. P., Agustini, K., & Sudarma, I. K. (2023). The Effectiveness of Microvideo Content to Improve Student’S Learning Outcomes in Database Learning. Synesis, 15(2), 444–458.
Marti, N. W., Suharta, I. G. P., Agustini, K., Sudarma, I. K., Wijaya, I. N. S. W., & Ariani, L. P. T. (2024). Development of The Proposed Microlearning-Based Dynamic Intellectual Learning System to Actualize an Effective Learning Process in Online Environment. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(1), 57–68. https://doi.org/10.23887/jptkundiksha.v21i1.75672
Marti, N. W., & Surya Mahedy, K. (2021). Usability Testing SIKTA di Program Studi Manajemen Informatika dari Pengguna Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(2), 206–215. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i2.35029
Marti, N. W., & Tuti Ariani, L. P. (2023). Pengembangan Konten Pembelajaran Berbasis Micro-Learning Untuk Mata Kuliah Basis Data Di Program Studi S1 Ilmu Komputer-Undiksha [Development of Micro Learning-Based Learning Content for Database Courses in the Computer Science-Undiksha Undergraduate Stud. Jurnal Pendidikan Teknik Dan Kejuruan (JPTK), 20(1), 1–12.
Parlika, R., Nisaa’, T. A., Ningrum, S. M., & Haque, B. A. (2020). Studi Literatur Kekurangan Dan Kelebihan Pengujian Black Box. Teknomatika, 10(02), 131–140.
Polasek, R., & Javorcik, T. (2019). MicroLearning Approach to E-learning Course Creation and Reasons for It. AIP Conference Proceedings, 2186(December). https://doi.org/10.1063/1.5137969
Putri, D. Z., Puspitaningrum, D., & Setiawan, Y. (2018). Konversi Citra Kartu Nama ke Teks Menggunakan Teknik OCR dan Jaro-Winkler Distance. Jurnal Teknoinfo, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.33365/jti.v12i1.35
Selfi, G., Prodi, A., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E- learning Masa Covid-19 pada Mahasiswa Tahun Masuk 2020 PPKn UNP. In Journal of Civic Education (Vol. 4, Issue 3).
Vlachogianni, P., & Tselios, N. (2021). Perceived usability evaluation of educational technology using the System Usability Scale (SUS): A systematic review. Journal of Research on Technology in Education, 0(0), 1–18. https://doi.org/10.1080/15391523.2020.1867938
Wahyudi, I., Fahrullah, Alameka, F., & Haerullah. (2023). Analisis Blackbox Testing Dan User Acceptance Testing Terhadap Sistem Informasi Solusimedsosku. Jurnal Teknosains Kodepena |, 04(01), 1–9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suartika Putu Andi, Marti Ni Wayan, Yasa Komang Andrew Tri Yoga, Adnyana Dewa Putu Sukra, Sanjaya Kadek Rama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INSERT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.