User Acceptance Test Terhadap Sistem DIL-Miclearn Sebagai E-Learning Pencapaian Ketuntasan Belajar

Authors

  • Suartika Putu Andi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Marti Ni Wayan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Yasa Komang Andrew Tri Yoga Universitas Pendidikan Ganesha
  • Adnyana Dewa Putu Sukra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sanjaya Kadek Rama Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/insert.v5i1.77859

Abstract

Sistem DIL-MicLearn dapat dipandang sebagai sebuah e-learning yang dipersonalisasi. E-learning ini dikembangkan sebagai platform pembelajaran yang dapat memberikan perlakukan yang berbeda kepada mahasiswa dalam belajar yang disesuaikan dengam kecerdasannya, serta kecepatan belajarnya untuk mencapai ketuntasan belajar secara online. Pada tahap akhir pengembangan Sistem DIL-MicLearn ini, perlu dilakukan pengujian untuk mengetahui kualitas fungsional sistem dan tingkat keberterimaan pengguna terhadap sistem DIL-MicLearn. Pendekatan pengujian yang digunakan dalam User Acceptance Test adalah alpha testing dan beta testing. Alpha testing dilakukan menggunakan metode black box testing dengan teknik equivalence parttitioning, sedangkan beta testing dilakukan menggunakan kuisioner dari System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian menggunakan alpha testing diperoleh bahwa masih ada sebanyak 29,41% fitur-fitur yang belum berfungsi sebagaimana mestinya sesuai dengan rancangan dan kebutuhan pengguna. Sedangkan hasil pengujian menggunakan beta testing dengan mahasiswa sebagai pengguna diperoleh nilai sebesar 84,75. Nilai ini menunjukkan bahwa tingkat keberterimaan mahasiswa terhadap Sistem DIL-MicLearn adalah baik. Nilai tersebut juga dapat dipandang sebagai tingkat kepuasan dari mahasiswa sebagai pengguna dalam menggunakan Sistem DIL-MicLearn dalam pembelajaran.

Author Biography

Marti Ni Wayan, Universitas Pendidikan Ganesha

Korespondensi

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles