Analisis Akurasi dan Kecepatan Waktu Pencarian Warna Produk Menggunakan ChatGPT dan Website Produk

Authors

  • Vara Susilowati Universitas Tarumanagara
  • Endah Setyaningsih Universitas Tarumanagara
  • Wahidin Wahab Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.23887/insert.v5i2.79903

Keywords:

ChatGPT, Nama Produk, Warna Produk, Website, Kecepatan Waktu

Abstract

Informasi produk merupakan elemen penting dalam menarik minat konsumen, dimana nama dan warna produk memainkan peran krusial dalam keputusan pembelian. Warna produk, misalnya, dapat mempengaruhi emosi dan perasaan konsumen, sehingga presisi informasi mengenai warna sangat penting. Dalam konteks e-commerce, revisi terhadap nama, kode, dan warna produk sering dilakukan untuk memastikan kesesuaian antara data produk di situs website dan dataset internal perusahaan. Proses pengecekan manual terhadap warna produk pada situs website resmi memerlukan banyak waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif ChatGPT dalam mengidentifikasi warna produk dan bagaimana kecepatan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil. ChatGPT digunakan untuk mengidentifikasi warna produk dengan cara memberikan prompt yang relevan dan menunggu jawaban yang diberikan oleh ChatGPT. Kemudian, hasilnya dibandingkan dengan website pembuat produk. Kecepatan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang akurat juga dihitung dan dibandingkan dengan website produk. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen, di mana akan dikumpulkan 200 data e - commerce yang terdiri dari nama produk dan kode produk. Data tersebut akan digunakan untuk mengevaluasi kinerja ChatGPT dan website dalam mengidentifikasi warna produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akurasi ChatGPT dalam mengidentifikasi warna produk hanya mencapai 59% dengan kecepatan waktu rata-rata 4,37 detik, lebih cepat dibandingkan website produk. Meskipun demikian, website produk memberikan akurasi 100% dalam identifikasi warna produk, meskipun waktu yang dibutuhkan lebih lambat, yaitu 4,7 detik. Oleh karena itu, meskipun ChatGPT lebih cepat, website produk tetap lebih terpercaya dalam hal akurasi pencarian warna untuk melengkapi dataset suatu produk mengenai warna produk.

References

Akin, F. K. (2023). The Art of ChatGPT Prompting: A Guide to Crafting Clear and Effective Prompts.

Hidayanti, W., Azmiyanti, R., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2023). Dampak Penggunaan Chat GPT pada Kompetensi Mahasiswa Akuntansi : Literature Review. 3(1), 83–91.

Kurnia Ramadhan, F., Irfan Faris, M., Wahyudi, I., & Kamayani Sulaeman, M. (2023). PEMANFAATAN CHATGPT DALAM DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Ilmiah Flash.

Meihan, A. M., Sinurat, J. Y., Rukmana, L., & Id, A. (2023). ANALISIS PEMANFAATAN CHATGPT DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH OLEH MAHASISWA PROGAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH UNIVERSITAS JAMBI. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 6(2), 348.

Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). ISSN (cetak) 2621-7406 ISSN (online). Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 2656–6265.

Nita, S., Resty, E., Sari, N., & Aldida, J. D. (2023). SEMINAR NASIONAL AMIKOM SURAKARTA (SEMNASA) 2023 Implementasi ChatGPT-OpenAI sebagai Inovasi Media Pembelajaran berbasis Artificial Intelligence bagi Tenaga Pendidik di Era Society 5.0.

Pongtambing, Y. S., Pitrianti, S., Sadno, M., Admawati, H., & Sampetoding, E. A. M. (2023). Peran dan Peluang Kecerdasan Buatan dalam Proses Bisnis UMKM. Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 201–206.

Rahmadani, M., Andriani, S., & Elfina, R. (2023). Teknologi AI Dalam Meningkatkan Akurasi Sistem Pencarian Informasi Kesehatan. LIBRIA, 15(1), 89–104.

Reza, F. (2020). Strategi promosi penjualan online lazada. co. id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 63–74.

Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT untuk pendidikan di era education 4.0: Usulan inovasi meningkatkan keterampilan menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58.

Sutisna, I. (2020). STATISTIKA PENELITIAN.

Wasista, I. P. U. (2020). Persepsi Warna Terhadap Sisi Afeksi Konsumen Pada Produk Pada Ruang Retail. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 24(1), 18–23.

Wibowo, T. U. S. H., Akbar, F., & Fauzan, M. S. (2023). Tantangan dan peluang penggunaan aplikasi chat GPT dalam pelaksanaan pembelajaran sejarah berbasis dimensi 5.0. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(2), 69–76.

Yoo, S., Lee, D. J., & Atamja, L. (2023). Influence of Online Information Quality and Website Design on User Shopping Loyalty in the Context of E-Commerce Shopping Malls in Korea. Sustainability (Switzerland), 15(4). https://doi.org/10.3390/su15043560

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles