Film Dokumenter Tari Rejang Sutri "Tarian Penolak Bala" Tradisi Khas Desa Batuan

Authors

  • Ni Made Sthiti Nur Hita Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Saindra Santyadiputra
  • Gede Aditra Pradnyana

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12447

Keywords:

Sutri, Film Dokumenter, Cyclic Strategy.

Abstract

Abstrak

Tari Rejang Sutri merupakan salah satu warisan budaya yang terdapat di Desa Batuan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Tari Rejang Sutri merupakan tarian sakral yang  ditarikan mulai sasih kalima sampai sasih kasanga. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengimplementasikan hasil rancangan Film Dokumenter Tari Rejang Sutri “Tarian Penolak Bala” Tradisi Khas Desa Batuan, (2) untuk mengetahui respon masyarakat terhadap hasil akhir Film Dokumenter Tari Rejang Sutri “Tarian Penolak Bala” Tradisi Khas Desa Batuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model cyclic strategy. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, penyebaran angket, dan dokumentasi. Penelitian ini diimplementasikan menggunakan Adobe Premiere Pro CC 2015 sebagai aplikasi pengedit video dan Adobe Audition Pro CC 2015 untuk aplikasi pengedit audio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Film Dokumenter Tari Rejang Sutri “Tarian Penolak Bala” Tradisi Khas Desa Batuan dalam kriteria sangat baik berdasarkan persentase yang diperoleh dari hasil uji efektivitas sebesar 93.5% yang masuk dalam kategori sangat baik berdasarkan persentase yang telah diperoleh, serta berdasarkan analisis terhadap 30 orang responden yang berasal dari kalangan masyarakat umum, dinyatakan bahwa film dokumenter ini mendapatkan total persentase sebesar 92.37% yang masuk dalam kategori sangat baik berdasarkan persentase yang telah diperoleh. Hal itu menunjukkan bahwa film dokumenter ini sudah mencapai hasil yang maksimal.

 

Kata kunci : Sutri, Film Dokumenter, Cyclic Strategy.

References

Dibia, I. W. (2012). Ilen-Ilen Seni Pertunjukkan Bali. Denpasar: Bali Mangsi.

Ariance, A. (2015). Penciptaan Film Dokumenter Tari Toga Dari Kerajaan Dharmasraya Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya.

Pratama, I. G., & Soewito, B. M. (2015). Perancangan Film Dokumenter ”Selonding; Nyanyianmu Semangat Kami” Sebagai Kebudayaan Khas Desa Tenganan Pegringsingan Bali. JURNAL

SAINS DAN SENI ITS.

Wardhani, R. K., & Sudjudi, I. (2015). Perancangan Video Dokumenter "AUTISME". Jurnal Tingkat Sarjana bidang Senirupa dan Desain.

Pratista, H. (2008). Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Ayawaila, G. R. (2008). Dokumenter Dari Ide Sampai Produksi. Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Film dan Televisi - Institut Kesenian Jakarta.

Semedhi, B. (2011). Sinematografi Videografi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Purba, J. (2013). Shooting Yang Benar. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Hartono, D. (2012). Infotainmen : Proses Produksi dan Praktik Jurnalistik. Jakarta Barat: Akademia.

Eko. (2013). Simulasi Digital. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sarwono, J., & Lubis, H. (2007). Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Narayana, I. P. A., Santyadiputra, G. S., ST, M. C., Pradnyana, G. A., & Kom, S. (2017). Film Dokumenter Tok Lait Kancing: Sebuah Warisan Karakter Budaya Bangsa. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063, 6(1).

Downloads

Published

2018-05-12

How to Cite

Nur Hita, N. M. S., Santyadiputra, G. S., & Pradnyana, G. A. (2018). Film Dokumenter Tari Rejang Sutri "Tarian Penolak Bala" Tradisi Khas Desa Batuan. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 7(1), 48–57. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12447

Issue

Section

Articles