PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMP NEGERI 3 SERIRIT

Authors

  • Komang Mas Ariana Undiksha
  • Ketut Agustini
  • I Gede Partha Sindu

DOI:

https://doi.org/10.23887/janapati.v8i2.16976

Keywords:

PTK, TIK, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII B semester ganjil 2017/2018 di  SMP Negeri 3 Seririt melalui penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe Picture and Picture. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B sebanyak 30 orang siswa. Objek penelitian adalah model pembelajaran kooperatif  tipe Picture and Picture, motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan angket dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan 1) motivasi belajar siklus I dan II berada pada kategori positif. 2) Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori sedang, dan pada siklus II berada pada kategori baik. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII B tahun pelajaran 2017/2018.

Author Biography

Komang Mas Ariana, Undiksha

nama komang mas ariana asal desa bestala

Downloads

Published

2019-08-04

How to Cite

Ariana, K. M., Agustini, K., & Sindu, I. G. P. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMP NEGERI 3 SERIRIT. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 8(2), 119–128. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i2.16976

Issue

Section

Articles