PRAKTIKALITAS MODUL ANALISIS KOMPLEKS BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis penemuan terbimbing yang praktis pada perkuliahan Analisis Kompleks. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4D, yaitu define, design, develop, dan dessiminate. Penelitian ini membahas tentang tahap develop, yakni praktikalitas modul. Instrumen yang digunakan adalah angket dan pedoman wawancara. Angket diberikan kepada enam orang mahasiswa dengan sebelas butir pertanyaan yang ditinjau dari aspek kemudahan dalam penggunaan, waktu, kemudahan interpretasi, dan ekivalensi dengan bahan ajar lain. Pedoman wawancara terdiri dari sebelas item dengan aspek yang sama pada instrumen angket praktikalitas. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan mencari presentase masing-masing item pada angket. Diperoleh rata-rata pada aspek kemudahan dalam penggunaan modul sebesar 4,3, termasuk dalam kategori sangat praktis. Aspek waktu diperoleh 3,5 dikategorikan sangat praktis. Aspek kemudahan interpretasi diperoleh 4,08 dikategorikan sangat praktis. Aspek ekivalensi dengan bahan ajar yang lain diperoleh 4,41 dikategorikan sangat praktis. Secara keseluruhan diperoleh rata-rata 4,07 yang artinya modul Analisis Kompleks berbasis penemuan terbimbing sangat praktis. Selain itu, untuk mendukung data praktikalitas dilakukan wawancara dengan mahasiswa, data ini dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil wawancara secara keseluruhan diperoleh informasi bahwa mahasiswa mudah dalam menggunakan modul, waktu yang dibutuhkan dalam menggunakan modul relatif singkat, dan modul dapat digunakan sebagai sumber belajar. Ada beberapa revisi yang dilakukan pada modul berdasarkan saran mahasiswa, seperti memperbaiki penulisan, memperinci materi, dan menambahkan contoh soal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul berbasis penemuan terbimbing pada perkuliahan Analisis Kompleks sudah praktis digunakan.
Kata-kata Kunci: Praktikalitas, Modul, Analisis Kompleks, Penemuan Terbimbing
Abstract
This research aim to develop modules based guided discovery on Complex Analysis lecture. The kind of research was development with 4D model, that is define, design, develop, and disseminate. This research just discussed phase of develop, that is practicality of modules. The instrument was questioner and interview guide. The questioner was given to six students with eleven questions, seen from aspects practicality on usage, time, practicality of interpretation, and equivalence with other lecture note. Interview guide consist of eleven items, the aspect is similar with questioner of practicality. Obtained quantitative data from questioner and qualitative data from interview. Quantitative data was analyzed by finding percentage of each items on questioner. Obtained average on practicality of usage aspect was 4.3, include in category very practical. On aspect of time was 3.5, categorized very practical. Practicality of interpretation was 4.08, categorized very practical. Aspect of equivalence with other lecture note was 4.41, categorized very practical. Overall obtained average 4.07, it mean modules of Complex Analysis based guided discovery was very practical. To support data of practicality was done interview to students, data was analyzed by descriptive technique. Obtained information from the result of interview that student was easy in using modules, the time was short in using modules, and modules can be used as learning source. There are several revision on modules based on student suggestion, such as repairing writing, detailing material, and adding problem examples. So, can be told that modules of Complex Analysis based guided discovery was very practical to be used.
Keywords: Practicality, Modules, Complex Analysis, discovery Guided