PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH MATEMATIKA TERBUKA DENGAN KETERAMPILAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Ni Kadek Suryantini, I Nengah Suparta, I Gusti Putu Sudiarta

Abstract


Pelajaran matematika diberikan kepada siswa untuk semua jenjang pendidikan formal dengan tujuan agar siswa dapat bernalar, berpikir secara logis, analitis, kritis, kreatif serta mandiri. Hal ini dapat ditumbuhkembangkan dengan pembelajaran matematika berbasis masalah matematika. Pembelajaran matematika dan kemampuan pemecahan masalah mempunyai keterkaitan yang sangat erat. Masalah dalam matematika dapat berupa masalah tertutup dan masalah terbuka. Pada artikel ini akan difokuskan pada pembelajaran berbasis masalah matematika terbuka. Tujuan dari pembelajaran matematika berbasis masalah matematika terbuka ialah untuk membantu mengembangkan kegiatan kreatif dan kemampuan berpikir matematis siswa dalam pemecahan masalah. Pembelajaran matematika yang berorientasi pada pengembangan masalah matematika terbuka, yang disusun sedemikian rupa sehingga masalah tersebut memiliki lebih dari satu jawaban yang benar, dengan lebih dari satu prosedur dan argumentasi pula. Faktor kognitif juga berpengaruh terhadap kesuksesan siswa, diperlukan kemampuan untuk mengontrol kognitif yang disebut kemampuan metakognitif. Secara ringkas metakognitif dapat diistilahkan sebagai thinking about thinking. Guru diharapkan dapat meningkatkan kemampuan metakognitif siswa melalui keterampilan metakognitif. Dari paparan sebelumnya diharapkan bahwa pembelajaran berbasis masalah terbuka dan keterampilan metakognitif akanber kontribusi positif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Dalam artikel ini dibahas penerapan pembelajaran berbasis masalah yang dikombinasikan dengan keterampilan metakognitif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

 

Kata-kata Kunci: Pembelajaran berbasis masalah matematika terbuka, Keterampilan metakognitif, Prestasi belajar matematika siswa

 

Abstract

Math is given to students for all levels of formal education with the aim that students can reason, think logically, analytically, critically, creatively and independently. It can be cultivated with problem based learning. Math learning and problem solving skills have a very close relationship. The problem in mathematics can be a closed and open problem. This paper will focus on open ended problem. Its objective is to develop creative activities and students' mathematical thinking skills in problem solving. Math learning which orients on the development of an open ended problem, is designed as the problem has more than one correct answer, with more than one procedure and arguments. Cognitive factors also affect the success of the students, in which the capability to control the cognitive called metacognitive skills is highly required. Briefly, metacognitive can be defined as thinking about thinking. Teachers are expected to improve students' metacognitive capability through metacognitive skills. From the previous elaboration, it is expected that an open ended problem and metacognitive skills will contribute positively to students' mathematics achievement. In this paper, the application related to the combination of an open ended problem with metacognitive skills to improve mathematics achievement of students will be discuss thoroughly.

 

Keywords: Open ended problem, metacognitive skills, mathematics achievement

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 961 times
PDF file view : 529 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter