PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF-DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN STRUKTUR ALJABAR II

Authors

  • I Made Suarsana Universitas pendidikan Ganseha

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar untuk perkuliahan Struktur Aljabar II dengan pendekatan induktif-deduktif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan merujuk pada model 4-D versinya Dick & Carry (Santyasa, 2009) yang meliputi beberapa fase seperti: 1) fase define; 2) fase design; 3) fase development; dan 4) fase disseminate. Pada tahun pertama ini penelitian telah dilakukan sampai pada tahap development yaitu hingga dilakukan validasi draft diktat hingga dihasilkan prototipe diktat. Data dikumpulkan dengan lembar validasi/penilaian kelayakan isi dan penyajian diktat. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil validasi diktat struktur aljabar menunjukkan bahwa 1) dari segi kelayakan isi diktat berkategori baik, dan 2) dari segi penyajian juga berkategori baik sehingga secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa diktat telah valid. Berdasarkan masukan deskriptif dan koreksi validator selanjutnya dilakukan penyempurnaan sehingga melalui penelitian ini telah dihasilkan sebuah prototipe. Tahap penelitian pengembangan lanjutan berupa uji coba terbatas dan tahap diseminasi belum dilakukan mengingat keterbatasan waktu.

 

Kata-kata Kunci: pendekatan induktif-deduktif, struktur aljabar, hasil belajar

 

Abstract

This study aims to developt a valid diktat in Algebra Abstract II. Research and development, wich consist of four stages: define, design, development and disseminate (Dick $ Carry Model), was implemented in this study. Data were collected by content validation sheet and presentation validation sheet. The Data were analized by descriptive statistics. The results of the analysis are 1) in term of the feasbility of content, the diktat prototyfe is in good category, 2) in term of the feasibility of presentation, the diktat prototyfe is in good category. At all, it can be concluded that diktat prototyfe is valid. The next step is prototype trial and dissemination.

 

Keywords : inductive-deduktive approach, algebra abstract, learning outcomes

Downloads

Published

2016-08-15

Issue

Section

Seminar Nasional MIPA