PENGARUH PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Pande Kadek Rai Agustiari, I Gusti Putu Sudiarta, I Nengah Suparta

Abstract


Sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi, paradigma pendidikan kemudian bergeser dari hanya menggunakan paper semata menjadi paperless, dari face to face traditional classroom menjadi face to face blended learning. Secara khusus, penerapan blended learning mempunyai beberapa manfaat yang salah satunya adalah memungkinkan siswa dan guru untuk membangun komunikasi dalam belajar melalui dunia global. Ketersediaan teknologi digital canggih telah mengubah cara berpikir tentang matematika, aneka software pembuat video pembelajaran yang tersedia gratis di internet dapat digunakan untuk menyajikan dan memvisualisasikan masalah matematika yang tujuannya untuk meningkatkan pemahaman konsep, penalaran, kemampuan pemecahan masalah, bahkan meningkatkan rasa ingin tahu dan kreativitas siswa, namun dalam artikel ini hanya dibahas mengenai kemampuan pemahaman konsep. Kemampuan seseorang untuk memahami dan menyerap pelajaran sudah pasti berbeda tingkatnya. Perbedaan gaya kognitif berkaitan dengan cara siswa tersebut merasakan, mengingat, memikirkan, memecahkan masalah, dan membuat keputusan yang mencerminkan kebiasaan bagaimana informasi diproses. Pembelajaran blended learning berbasis video pembelajaran dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kemampuan konsep siswa. Dalam artikel ini akan di bahas mengenai pembelajaran blended learning berbasis video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari gaya kognitif.

 

Kata-kata Kunci: blended learning, video pembelajaran, kemampuan pemahaman konsep, gaya kognitif.

 

Abstract

In line with the development of science and technology, education paradigm then shifted from simply using paper simply become paperless, from face to face traditional classroom into a face to face blended learning. In particular, the application of blended learning has several benefits, one of which is to enable students and teachers to build learning through communication in a globalized world. Availability of advanced digital technology has changed the way of thinking about mathematics, a variety of software maker instructional videos are available for free on the internet can be used to present and visualize mathematical problems which aim to improve understanding of concepts, reasoning, problem-solving ability, and even raise the curiosity and creativity of students , but in this article only discussed about the ability of understanding of the concept. A person's ability to understand and absorb the lessons it is definitely a different level. Differences in cognitive style relates to how the students feel, to remember, to think, solve problems, and make decisions that reflect the habits of how information is processed. Blended learning instructional video based learning can make a positive contribution to improving the ability of students' concept. In this article will be discussed concerning the learning blended learning instructional video based on the ability of understanding the concept in terms of cognitive style.

 

Keywords: blended learning, learning videos, the ability of understanding the concept, cognitive styles

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 415 times
PDF file view : 755 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter