PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SERIRIT

Putu Widiarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep fisika antara kelompok model pembelajaran berbasis masalah (MPBM) dan model pembelajaran konvensional (MPK) untuk siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan tinggi. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan posttest only non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Seririt tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 126 orang. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir kritis (KBK), pemahaman konsep (PK) fisika, dan kuesioner motivasi belajar. Tes KBK berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 item dengan reliabilitas 0,956. Tes PK fisika berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 item dengan reliabilitas 0,715. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan manova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat: (1) perbedaan KBK dan PK antara kelompok MPBM dan MPK (F=24,76; p<0,05), (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap KBK dan PK siswa (F=18,96; p<0,05), (3) perbedaan KBK dan PK antara kelompok MPBM dan MPK pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi (F=24,98; p<0,05), (4) terdapat perbedaan KBK dan PK antara kelompok MPBM dan MPK pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah (F=6,38; p<0,05), (5) perbedaan KBK antara kelompok MPBM dan MPK (F=4,41; p<0,05), (6) perbedaan pemahaman konsep antara kelompok MPBM dan MPK (F=48,52; p<0,05). Hasil uji lebih lanjut dengan LSD menunjukkan bahwa MPBM lebih unggul daripada MPK dalam pencapaian keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep fisika siswa.

Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep, dan motivasi belajar

ABSTRACT

This research is aimed to analyze the difference of critical thinking skill (CTS) and physics concept understanding (PCU) between problem-based learning model (PBLM) and conventional learning model (CLM) groups for students who have high and low learning motivation. This research is a quasi-experimental research with posttest only non-equivalent control group design. Sample of this research was students class X SMAN 1 Seririt academic year 2011/2012 consisting 4 classes and 126 students. Data have been collected by using test of CTS and PCU and questioner of learning motivation. CTS test was extended multiple choices consisting of 25 items with reliability 0.956. PCU test was extended multiple choices consisting of 20 items with reliability 0.715. Data have been analyzed by using descriptive statistic and two-way manova. The results showed that (1) there was significant difference of CTS and PCU between PBLM and CLM groups (F=24.76; p<0.05), (2) there was significant interaction effect between learning models and learning motivation to CTS and PCU (F=18.96; p<0.05), (3) there was significant difference of CTS and PCU between PBLM and CLM groups for students who have high learning motivation (F=24.98; p<0.05), (4) there was significant difference of CTS and PCU between PBLM and CLM groups for students who have low learning motivation (F=6.38; p<0.05), (5) there was significant difference of CTS between PBLM and CLM groups (F=4.41; p<0.05), (6) there was significant difference of PCU between PBLM and CLM groups (F=48.52; p<0.05). LSD analysis showed that PBLM was better than CLM in both CTS and PCU.

Key words: problem-based learning, critical thinking skill, physics understanding, learning motivation

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 91 times
PDF file view : 107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter