OPTIMALISASI PERAN PENDIDIKAN MATEMATIKA SEBAGAI PENDIDIKAN NILAI-NILAI

I Nengah Suparta

Abstract


Oleh sebagian besar siswa, pendidikan matematika selama ini masih terkesan pendidikan yang kurang aplikatif. Kesan ini menjadikan pendidikan matematika di sekolah merupakan salah satu yang kurang diminati oleh siswa pada umumnya. Namun, ketika dicermati lebih jauh, pendidikan matematika mengandung makna yang sangat berarti bagi kehidupan manusia. Hal ini bukan karena fungsinya sebagai pelayan ilmu-ilmu lain, tetapi karena sesungguhnya pendidikan matematika itu dapat ditujukan bagi pembentukan nilai-nilai pada siswa. Menyodorkan permasalahan-permasalahan matematika yang berkaitan dengan lingkungan, penghematan, energi, atau pelayanan misalnya, dapat menjadikan pendidikan matematika sebagai wahana pendidikan nilai pada siswa. Hal ini juga secara langsung dapat menumbuhkembangkan minat dan memotivasi siswa untuk belajar matematika. Lebih jauh, esensi matematika itu sendiri bahkan juga merupakan objek didik yang sangat mendukung pembentukan nilai-nilai pada siswa. Sebagai contoh, matematika adalah ilmu yang konsisten yang berkembang secara deduktif. Konsistensi adalah sifat manusia yang patut ditumbuhkembangkan. Pada tulisan ini didiskusikan hal-hal yang dapat dilakukan dalam pembelajaran untuk mengoptimalkan peran pendidikan matematika bagi pendidikan nilai-nilai.

Kata-kata kunci: Pendidikan matematika, pendidikan nilai.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF file view : 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter