PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 4 SINGARAJA

Authors

  • I Made Bawa Mulana

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2 x 2. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif model pembelajaran kooperatif berbantuan masalah terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kecerdasan sosial siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Singaraja.

Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 4 Singaraja pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner kecerdasan sosial dan tes prestasi belajar matematika. Data prestasi belajar matematika siswa dianalisis dengan menggunakan analisis varians dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif pembelajaran kooperatif berbantuan masalah terhadap prestasi belajar matematika siswa, prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif berbantuan masalah lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif, (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan kecerdasan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa, 3) pada kelompok siswa yang memiliki kecerdasan sosial lebih tinggi, terdapat pengaruh positif pembelajaran kooperatif berbantuan masalah terhadap prestasi belajar matematika siswa, 4) pada kelompok siswa yang memiliki kecerdasan sosial lebih rendah, terdapat pengaruh positif pembelajaran kooperatif berbantuan masalah terhadap prestasi belajar matematika siswa.

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Berbantuan masalah, prestasi belajar matematika, kecerdasan sosial

Downloads

Published

2015-10-20

Issue

Section

Seminar Nasional MIPA