METODE GASING DENGAN SETTING SIKLUS BELAJAR 7E UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Authors

  • Putu Gede Wartawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah dan kemampuan pemecahan masalah serta mendeskripsikan tanggapan siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 39 orang siswa kelas XI MIA5 SMA Negeri 4 Singaraja tahun pelajaran 2015/2016. Instrumen penelitian berupa lembar observasi sikap ilmiah, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket tanggapan. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata sikap ilmiah siswa pada siklus I sebesar 80,0 dengan ketuntasan klasikal 87,2% dan pada siklus II meningkat menjadi 81,4 dengan ketuntasan klasikal 100%, (2) nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I sebesar 81,2 dengan ketuntasan klasikal 87,2% dan pada siklus II meningkat menjadi 83,6 dengan ketuntasan klasikal 97,2%, (3) tanggapan siswa terhadap implementasi metode Gasing dengan setting siklus belajar 7E berada pada kategori positif.

Kata kunci: Metode Gasing, siklus belajar 7E, sikap ilmiah, dan kemampuan pemecahan masalah.

Abstract

This study aims to improve the scientific attitude and problem solving skills as well as describing the student responses. This classroom action research was conducted in two cycles. The subjects were 39 students of XI MIA5 class of SMA Negeri 4 Singaraja 2014/2015 school year. The research instrument were scientific attitude observation sheet, problem solving ability test, and questionnaire responses. The research data were analyzed descriptively. The results showed that (1) the average value of student scientific attitude in the first cycle is 80,0 with classical completeness 87,2% and the second cycle increased to 81.4 with classical completeness 100%, (2) the average value of student problem solving ability in the first cycle is 81,2 with classical completeness 87,2% and the second cycle increased to 83,6 with classical completeness 97,2%, (3) the student responses were in the positive category to the implementation of the Gasing method by 7E learning cycle setting.

Keyword: Gasing method, 7E learning cycle, scientific attitude, and problem solving ability

Downloads

Published

2015-10-20

Issue

Section

Seminar Nasional MIPA