PENINGKATAN KARAKTER BANGSA BERBASIS SIKAP ILMIAH MELALUI PEMBELAJARAN SAINS PADA SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR SAMPAI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Ida Bagus Putu Arnyana

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penulisan makalah ini adalah mengkaji peningkatan karakter bangsa berbasis sikap ilmiah melalui pembelajaran sains pada siswa tingkat sekolah dasar sampai tingkat sekolah menengah atas. Kajian dilakukan secara deskriptif dari teori-teori yang ada. Dari kajian tersebut dapat disimpulkan sebagai bahwa. (1) hakekat sains dapat dilihat dari tiga segi yaitu: sains sebagai proses, sains sebagai produk, dan sains sebagai sikap/nilai. (2) Pembelajaran sain yang mengutamakan sains sebagai proses yang dalam penerapannya adalah penerapan metode ilmiah yang dikemas dalam bentuk pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan penguasaan sains sebagai sikap/nilai (sikap ilmiah) dimana sikap ilmiah tersebut congruent atau identik dengan nilai-nilai karakter. Oleh karena itu kepada para praktisi pendidikan (dosen dan guru) agar menggunakan pembelajaran sains untuk meningkatkan karakter siswa, terutama pembelajaran yang mengutamakan sains sebagai proses yaitu menerapkan strategi/model pembelajaran Problem Based Learning, Cooperative Learning, Project Base Learning, dan Learning Cycles.

Published

2011-12-15

Issue

Section

Seminar Nasional MIPA