PENGARUH MODUL FISIKA KONTEKSTUAL INTERAKTIF BERBASIS WEB TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS I SMA

Rai Sujanem

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan, yaitu: 1) mendeskripsikan dan menganalisis profil pengetahuan awal dan miskonsepsi siswa sebelum dan setelah perlakuan, 2) menjelaskan perbedaan pengaruh antara modul fisika kontekstual interaktif berbasis web (MKIW) dan modul kontekstual konvensional (MKK) terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran fisika, dan 3) menjelaskan perbedaan pengaruh antara MKIW dan MKK terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian kuasi eksperimen untuk menguji keunggulan komparatif produk. Rancangan penelitian ini menggunakan model unequivalence pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa-siswa kelas I SMA di kota Singaraja pada semester I tahun 2008/2009. Pengambilan sampel eksperimen dilakukan dengan teknik random kelompok bertahap. Instrumen yang digunakan dalam eksperimen adalah tes pemahaman konsep dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif, Multivariat analysis of covariance (MANCOVA). Tehnik analisis menggunakan program SPSS 16.0 FW dengan pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan hasil-hasil penelitian seperti berikut. 1) Profil pengetahuan awal siswa terhadap konsep-konsep kinematika dan dinamika sebagian besar masih diwarnai miskonsepsi (52% untuk model MKIW dan 61% untuk model MKK). Setelah eksperimen, profil miskonsepsi siswa mengalami penurunan menjadi 28% untuk kelompok model MKIW dan 46% untuk kelompok MKK. 2) Terdapat perbedaan signifikan pemahaman konsep antara kelompok MKIW dan MKK. Nilai rata-rata pemahaman konsep kelompok MKIW lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok MKK. 3) Terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara kelompok MKIW dan MKK. Nilai rata-rata hasil belajar kelompok MKIW lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok MKK.


Article Metrics

Abstract view : 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter