KARAKTERISTIK MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DO TALK RECORD DALAM SAINS

Authors

  • I Made Mariawan

Abstract

Abstrak

 

Pemecahan masalah adalah proses menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya ke dalam situasi baru yang belum dikenal. Salah satu factor kesulitan siswa memecahkan masalah adalah adanya miskonsepsi terhadap konsep-konsep yang terkait dengan masalah sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah sains siswa. Pengembangan strategi pemecahan masalah telah dilakukan, seperti UQAPAC problem solving strategi, pemecahan masalah menggunakan DENT, dan pemecahan masalah Polya. Strategi pemecahan masalah tersebut, secara eksplisit tidak melakukan reduksi miskonsepsi dalam langkah-langkah pembelajaran sehingga miskonsepsi tetap terbawa dalam langkah-langkah memecahkan masalah selanjutnya. Model pembelajaran pemecahan masalah Do Talk Record merupakan model pembelajaran pemecahan masalah yang digunakan untuk mengakomodasi kelemahan-kelemahan dari model pembelajaran pemecahan masalah yang sudah ada. Karakteristik model pembelajaran do talk record adalah (a) berlandaskan teori belajar konstruktivisme, (b) menggunakan pendekatan saintifik, (c) mempunyai tujuan mereduksi miskonsepsi dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, (d) memiliki sintax do (melakukan) kegiatan eksplorasi konsep, identifikasi konsep, mengkaitkan antar konsep, rencana solusi, dan solusi, talk (mengungkapkan) hasil kegiatan eksplorasi, identifikasi, kaitan antar konsep, rencana solusi, dan solusi melalui diskusi, record (merekam/mendokumentasikan) langkah-langkah dan hasil pemecahan masalah.

Downloads

Published

2013-12-15

Issue

Section

Seminar Nasional MIPA