ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MAKASSAR
Abstract
AbstrakJenis penelitian ini adalah eksploratif bersifat kualitatif yang dilaksanakan di SMP N 18 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) ditinjau dari letak kesalahan (berdasarkan Newman error hierarchy) dan jenis kesalahan (berdasarkan 4 objek kajian matematika). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes masalah soal cerita, dan (2) pedoman wawancara yang tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang yang terbagi atas 1 orang siswa dengan kategori kemampuan tinggi, 1 orang siswa dengan kategori kemampuan sedang dan 1 orang siswa dengan kategori kemampuan rendah. Hasil Penelitian ini adalah (1) letak kesalahan subjek kategori kemampuan tinggi adalah transformation error dan careless error sedangkan jenis kesalahannya adalah kesalahan fakta dan prinsip, (2) letak kesalahan subjek kategori kemampuan sedang adalah reading error, comperhention error, transformation error dan careless error sedangkan jenis kesalahannya adalah fakta, konsep, operasi dan prinsip, (3) letak kesalahan subjek kategori kemampuan rendah adalah reading error, transformation error, process skill error, encoding error dan careless error sedangkan jenis kesalahannya adalah fakta, konsep, operasi dan prinsip. (4) Letak kesalahan yang sama-sama dilakukan ketiga subjek adalah transformation error.
Published
2012-12-15
Issue
Section
Seminar Nasional MIPA