PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS INSTRUCTIONAL GRAPHICS MATERI PEMBELAJARAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN BERDASARKAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME

Authors

  • Fitrilia Silvianti
  • I Made Sukarna
  • Regina Tutik P.

Abstract

Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dalam bidang pendidikan kimia. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menghasilkan media pembelajaran kimia berbasis instructional graphics materi pembelajaran sifat koligatif larutan berdasarkan teori belajar konstruktivisme yang berkualitas sesuai dengan kriteria kualitas media yang ditentukan dan (2) untuk mengetahui kualitas media tersebut melalui penilaian 5 orang guru kimia SMA/MA.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Penelitian dilakukan dengan 4 tahap, yaitu (1) tahap perencanaan yang meliputi penentuan materi pembelajaran dan pengumpulan referensi yang dibutuhkan; (2) tahap pengorganisasian yang meliputi penyusunan proposal, instrumen penilaian kualitas media, dan pelaksanaan bimbingan dengan dosen pembimbing; (3) tahap pelaksanaan yang meliputi penyusunan naskah media, kisi-kisi instrumen penilaian kualitas media, penjabaran instrumen penilaian kualitas media, dan pembuatan media; (4) tahap penilaian meliputi validasi oleh 2 dosen pembimbing, 2 ahli media, dan 3 peer reviewer, serta penilaian kualitas media oleh 5 guru kimia SMA/MA sebagai reviewer. Data penelitian yang diperoleh adalah data proses berupa saran untuk memperbaiki media yang disusun dan data kualitas dari reviewer untuk mengetahui kualitas media berdasarkan kriteria kualitas yang sudah ditentukan. Subjek penilaian pada penelitian pengembangan ini adalah 5 orang guru kimia SMA/MA di Daerah Istimewa Yogyakarta menggunakan instrumen penilaian berupa lembar check list.
Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran yang dikemas dalam bentuk CD dan sebuah buku petunjuk penggunaan media. Media pembelajaran ini disusun dengan menggunakan program Macromedia Flash Professional 8 yang terdiri dari 8 sajian menu utama, yaitu: petunjuk penggunaan, standar kompetensi dan kompetensi dasar, pengantar materi, materi pembelajaran, evaluasi, glosarium, daftar pustaka, dan profil penyusun. Media pembelajaran ini memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan jumlah skor rata-rata keseluruhan 204,2 yang berada di atas skor ideal 192 dengan persentase keidealan 85,08%.

Published

2012-12-15

Issue

Section

Seminar Nasional MIPA