AKTIVITAS MAHASISWA PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH YANG MEREGISTRASI MATA KULIAH KIMIA DALAM TUTORIAL ONLINE
Abstract
ABSTRAKTelah dilaksanakan pengamatan Tutorial Online (Tuton) yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas mahasiswa dalam Tuton sebagai bantuan belajar bagi mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang merupakan Institusi Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ), pengamatan dilaksanakan untuk mengetahui aktivitas mahasiswa yang meregistrasi mata kuliah Kimia Dasar I/ KIMD4110. Mahasiswa yang diteliti adalah seluruh mahasiswa FMIPA-UT yang meregistrasi mata kuliah tersebut pada masa registrasi pertama pada tahun pelajaran 2012. Jumlah mahasiswa yang meregistrasi mata kuliah Kimia Dasar I adalah 202 orang. Selama Tuton berlangsung selama 8 minggu yaitu dari tanggal 12 Maret sampai 5 Mei, jumlah mahasiswa yang mengikuti Tuton adalah 155 orang. Dari pengamatan selama Tuton berlangsung maka diperoleh data bahwa mahasiswa yang menyelesaikan tugas sebanyak 61 orang dan mahasiswa yang aktif mengikuti diskusi sebanyak 20 orang. Dari data tersebut terlihat bahwa mahasiswa yang aktif berdiskusi pada minggu1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 8 adalah sebagai berikut: 19 orang, 20 orang, 9 orang, 7 orang, 7 orang, 2 orang, 7 orang dan 4 orang. Sedangkan mahasiswa yang menyelesaikan tugas yaitu: tugas 1, sebanyak 61 mahasiswa, tugas 2 sebanyak 55 mahasiswa dan tugas 3 sebanyak 48 mahasiswa. Diharapkan temuan ini dapat bermanfaat bagi Institusi PTJJ dan institusi Non PTJJ dalam mengembangkan program Tuton sebagai bantuan belajar bagi mahasiswanya.
Published
2012-12-15
Issue
Section
Seminar Nasional MIPA