MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN PERTANYAAN SOCRATIK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA SISWA

Authors

  • Luh Maharani Merta

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) model pembelajaran menggunakan pertanyaan Socratik dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa, dan (2) pendapat siswa terhadap model pembelajaran kontekstual menggunakan pertanyaan Socratik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas XII IA3 SMA Negeri 4 Singaraja, berjumlah 29 orang dan objek penelitian ini adalah penguasaan konsep dan pendapat siswa terhadap pembelajaran yang diikuti. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Tes hasil belajar digunakan mengukur penguasaan konsep siswa dan angket digunakan untuk mengetahui pendapat siswa. Data penguasaan konsep dan pendapat siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual menggunakan pertanyaan Socratik dapat mening-katkan penguasaan konsep siswa dan jumlah siswa mengikuti remidi kurang dari 15%. Siswa sangat setuju dengan diterapkannya model pembelajaran kontekstual menggunakan pertanyaan Socratik untuk mengajarkan konsep-konsep kimia.

Published

2012-12-15

Issue

Section

Seminar Nasional MIPA