PEMBUATAN DAN KARAKTERISTIK KATALIS ZEOLIT ALAM TERAKTIVASI (NZA) NI/NZA, 5% NI/NZA, DAN 8% NI/NZA

Ni Made Wiratini

Abstract


Abstrak
Telah dilakukan penelitain tentang pembuatan dan karakterisasi katalis NZA, 2% Ni/NZA, 5% Ni/NZA, dan 8% Ni/NZA. Pembuatan katalis NZA dilakukan dengan mengaktivasi zeolit alam (ZA) dengan HF 1%, refluk dengan HCl 6 M, dan NH4Cl 1 M, selanjutnya dikalsinasi selama 4 jam pada suhu 5000C. Katalis Ni-NZA dibuat dengan cara imprenasi semi basah, selanjutnya di kalsinasi dengan gas nitrogen selama 3 jam pada suhu 5000C, didinginkan dilanjutnya dengan proses oksidasi selama 2 jam pada suhu 5000C.
Karakterisasi katalis meliputi penentuan keasaman katalis, luas permukaan spesifik, volume total pori, dan rerata jejari pori. Keasaman katalis ditentukan dengan metode gravimetri. Luas permukaan spesifik, volume total pori, dan rerata jejari pori diukur dengan Surface Area Analyzer NOVA-1000 berdasarkan persamaan BET.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa katalis 2% Ni-NZA memiliki karakter yang peling baik dibandingkan dengan katalis yang lain (NZA, 5% Ni/NZA, dan 8% Ni/NZA). Katalis 2% Ni-NZA memiliki tingkat keasaman sebesar 3,95 mmol/g, luas permukaan spesifik 185,57 m2/g , volume total pori 1,83 cc/g, dan rerata jejari pori 20,56 A0.


Article Metrics

Abstract view : 191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter