Peningkatan Layanan Berbasis Teknologi Informasi (TI) pada Pengelolaan Perpustakaan Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.23887/ap.v1i2.10048Abstrak
Abstrak
Perpustakaan sekolah sebagai jantungnya program pendidikan sudah semestinya dijadikan pusat penyebar luasan teknologi informasi yang telah dicapai. Peran perpustakaan yang begitu penting pada penyelenggaraan pendidikan sudah sepatutnya didukung oleh prangkat teknologi informasi yang memadai dalam penyelenggaraan layanannya, hal ini sangat relevan dengan kebutuhan siswa yang semakain komplek dan semakin menuntut layanan serba instan. Dengan demikian dirasakan sangat mendesak mengaplikasikan teknologi informasi untuk mendukung layanan perpustakaan dalam melayani pengguna. Namun demikian berdasarkan pengamatan sementara melalui survey yang telah dilakukan sebagian besar sekolah yang ada di Kabupaten Buleleng belum menyelenggarakan layanan berbasis TI terutama dalam hal pengolahan bahan pustaka berupa pembuatan katalog dalam hal penyelenggaraan layanan OPAC (Online Public Acsses Cataloque). Perpustakaan sebagai institusi pengelola informasi merupakan salah satu bidang penerapan teknologi informasi yang berkembang dengan pesat. Perkembangan dari penerapan teknologi informasi bisa kita lihat dari perkembangan jenis perpustakaan yang selalu berkaitan dengan teknologi informasi, diawali dari perpustakaan manual, perpustakaan terautomasi, perpustakaan digital atau cyber library. Mengatasi permasalahan pemanfaatan fasilitas TI pada perpustakaan sekolah yang belum optimal sangat relevan dilakukan pendidikan dan latihan (diklat) kepada pengelola perpustakaan sekolah mengenai pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas layanan pada perpustakaan sekolah. Salah satu alat bantu dalam kegiatan ini adalah Program Slim 7 Cendana yaitu program teknologi informasi yang dapat mengakomodir kebutuhan perpustakaan dalam menyelenggarakan layanan berbasi TI. Program ini dapat membantu pengelola perpustakaan dalam mengolah buku koleksi seperti membuat catalog dan menampilkan catalog dalam bentuk OPAC (online Public Access Catalogue). Dengan pengaplikasian program ni pada penyelenggaraan perpustakaan maka disamping membantu pengelola perpustakaan dalam mengolah buku juga sangat membantu pengguna dalam menelusuri buku-buku koleksi perpustakaan.
Kata kunci: Layanan berbasis teknologi informasi (TI) dan pengelolaan perpustakaan sekolah