Studi Eksplorasi tentang Pemanfaatan Filantropi dalam Pengembangan Perpustakaan Sekolah Dasar (Studi Kasus pada Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 3 dan 4 Banjar Jawa, Singaraja, Bali)

Penulis

  • Luh Putu Sri Ariyani

DOI:

https://doi.org/10.23887/ap.v2i1.10097

Abstrak

Studi Eksplorasi tentang Pemanfaatan Filantropi dalam Pengembangan Perpustakaan Sekolah Dasar (Studi Kasus pada Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 3 dan 4 Banjar Jawa, Singaraja, Bali)

 

oleh

Luh Putu Sri Ariyani1, I Gusti Made Sutrisna2, Ni Komang Witarini3, Ida Bagus Gde Purwa4

1D3 Perpustakaan, 2,3,4Pustakawan Universitas Pendidikan Ganesha

putu.sri77@gmail.com

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) alasan orangtua murid beserta pihak-pihak terkait melaksanakan aktivitas filantropi untuk mengembangkan perpustakaan sekolah, 2) bentuk dan proses pemberian sumbangan yang dilakukan oleh para filantropis, dan 3) pengelolaan sumbangan yang diberikan oleh para filantropis sekolah.

Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang dititikberatkan pada deskripsi serta interpretasi perilaku manusia dalam mengelola perpustakaan sekolah. Penelitian dilakukan dalam empat tahapan, yakni; 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, serta 4) analisis data dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) tindakan filantropi dilandasi oleh semangat keagamaan dan keinginan untuk mendapatkan imbalan sosial berupa pujian, 2) sumbangan dapat berupa peralatan, bahan pustaka, dan uang tunai yang umumnya diserahkan secara langsung ke sekolah, dan 3) pengelolaan sumbangan dilakukan sesuai dengan jenis sumbangan yang diberikan.

Kata kunci: filantropi, perpustakaan sekolah, sumbangan

Unduhan

Diterbitkan

2017-05-06

Terbitan

Bagian

Articles