INOVASI PELAYANAN PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI SAAT PANDEMI COVID-19 DI PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG KARNO BLITAR

Penulis

  • Ocxiela Imel Dani Universitas Padjadjaran
  • Sukaesih Sukaesih
  • Encang Saepudin
  • Evi Nursanti Rukmana

DOI:

https://doi.org/10.23887/ap.v8i1.30118

Kata Kunci:

Layanan Informasi, Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Covid – 19

Abstrak

Abstrak

Pembuatan artikel ini di latar belakangi oleh adanya pandemi yang juga turut serta dalam merubah sistem pelayanan perpustakaan salah satunya adalah Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar. Dengan adanya pandemi, pelayanan di Perpustakaan Proklamator Bung Karno juga mengalami perubahan yang signifikan sehingga ada beberapa hal dalam pelayanan yang sistemnya dirubah, serta artikel ini juga bertujuan untuk memaparkan tentang Inovasi yang dilakukan dalam hal pelayanan informasi saat pandemi oleh Perpustakaan Proklamator Bung Karno Blitar. Pembuatan artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif  yang dilakukan dengan langkah – langkah diantaranya adalah penulisan subjek maupun objek dari hasil penelitian, serta waktu dan lokasi dari penelitian tersebut dan juga akan memaparkan tentang cara yang digunakan oleh penulis dalam hal pengumpulan data serta analisis dari data yang telah dikumpulkan. Penelitian ini juga menggunakan metode wawancara menggunakan media sosial Whatsapp kepada pustakawan Perpustakaan Proklamator Bung Karno, selain itu juga ada wawancara kepada pemustaka dari Perpustakaan Proklamator Bung karno untuk melihat tanggapan dari segi pemustaka terhadap pelayanan dari Perpustakaan Proklamator Bung Karno dan akan dilakukan observasi secara langsung, serta pencarian sumber rujukan dari media sosial untuk memperkuat teori yang ada. Dan dalam hal ini pelayanan informasi pada Perpustakaan Proklamator Bung Karno sangat baik dalam pengembangan berbagai inovasinya khususnya saat pandemic Covid – 19.

Kata Kunci : Layanan Informasi; Perpustakaan Proklamator Bung Karno; Covid – 19

Biografi Penulis

Ocxiela Imel Dani, Universitas Padjadjaran

-

Referensi

Republik, I. (2007). Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007. UU No. 23 Th 2007, 67(6), 14–21. http://www.bpkp.go.id/public/upload/uu/2/36/43-07.pdf

Widyastuti, A. (2009). Laporan Kuliah Praktek Kerja : peningkatan perlengkapan guna menunjang kinerja karyawan pada UPT Perpustakaan Bung Karno | UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno. http://inlislite.perpusbungkarno.perpusnas.go.id:12345/inlislite3/opac/detail-opac?id=12646

Tentang Lembaga. (n.d.). Retrieved October 23, 2020, from https://perpusbungkarno.perpusnas.go.id/index.php/profil/tentang-lembaga

Zakiah Noor, A. (n.d.). Manajemen Pemasaran Perpustakaan Bung Karno Ainun Zakiah Noor.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-05

Terbitan

Bagian

Articles