INOVASI PENINGKATAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19
Kata Kunci:
perpustakaan digital, pandemi COVID-19, inovasi perpustakaan, pelayanan perpustakaanAbstrak
Pandemi COVID-19 memberikan dampak kepada setiap kegiatan dan aspek kehidupan masyarakat, termasuk kegiatan pelayanan perpustakaan. Akibat kebijakan pemerintah, perpustakaan tidak dapat melayani penggunanya secara langsung dan harus memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanannya. Perpustakaan perguruan tinggi harus melakukan inovasi untuk tetap melayani kebutuhan penggunanya di masa pandemi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui inovasi yang dilakukan oleh perpustakaan perguruan tinggi Universitas Pendidikan Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dan data diperoleh dari hasil wawancara tidak langsung melalui media Whatsapp dengan pustakawan Universitas Pendidikan Indonesia dan observasi terhadap website perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia. Analisis data dengan menggunakan metode deskriptif dari hasil data yang didapatkan. Penelitian mendapatkan hasil, inovasi yang dilakukan perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia adalah dengan mengoptamilisasi pelayanan perpustakaan secara online atau dalam jaringan melalui digital library pada website UPI Center Library yang menyediakan bermacam layanan dan koleksi elektronik yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat. Agar pelayanan dapat digunakan dengan maksimal oleh pengguna, perpustakaan UPI meningkatkan strategi pemasaran menggunakan media sosial. Meskipun pelayanan perpustakaan tidak dapat dilakukan secara luar jaringan akibat kebijakan pemerintah untuk mengurangi penyebaran corona virus, namun dengan inovasi optimalisasi pelayanan daring melalui perpustakaan digital, pelayanan perpustakaan dapat tetap dimanfaatkan dengan maksimal.
Referensi
Arya, D. (n.d.). Tentang Kami Sejarah Perpustakaan UPI. Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Retrieved November 27, 2020, from https://perpustakaanupi.wordpress.com/about/
Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education:A case study of Peking University. Human Behaviour and Emergency Technology, 2, 113–115.
Basuki, S. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan.
Benawi, I. (2013). PENINGKATAN KUALITAS PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI. Jurnal Iqra’, 07(01), 42–57.
Elnadi, I. (2018). Upaya Meningkatkan Layanan Pemustaka Di Upt Perpustakaan Universitas Bengkulu. Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 203–214.
Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir, A. Su. (2016). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2), 259–272.https://doi.org/10.1080/14639947.2015.1006801
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Mulyadi, M. (2011). PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF SERTA PEMIKIRAN DASAR MENGGABUNGKANNYA Mohammad Mulyadi. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 127–138.
Novianti, H. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemusataka (Studi Pada Perpustakaan Umum Dan Arsip Kota Malang). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 3(5), 789–794.
Santika, S., Muljono, P., & Hermadi, I. (2015). EFEKTIVITAS PENERAPAN APLIKASI WEB 2.0 UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ORGANISASI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA. Jurnal Pustakawan Indonesia, 16(1).
Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, M. D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi COVID-19. E-Journal UNDIP, 4(2), 271–286.
Sukaesih, & Winoto, Y. (2019). Dasar-dasar Pelayanan Perpustakaan (Y. Winoto (ed.)). CV. Intishar Publishing.
Tarigan, A., Putri, C. M., Arestiya, C. A., Putri, N. D., & Sabilla, N. (2016). MANAJEMEN KOLEKSI ELEKTRONIK PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA KOTA BANDUNG.