PERAN PUSTAKAWAN DALAM MELESTARIKAN KOLEKSI VIDEO TARI PUTRI GAYA SURAKARTA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN DAN RUJUKAN PENELITIAN MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN ISI SURAKARTA

Penulis

  • Mustofa Mustofa

Kata Kunci:

Preservasi, Pelestarian Bahan Pustaka, Kaset Video

Abstrak

Peran Pustakawan Dalam Melestarikan Koleksi Video Tari Putri Gaya Surakarta Sebagai Bahan Pembelajaran Dan Rujukan Penelitian Mahasiswa Di Perpustakaan ISI Surakarta.Tujuan dari penelitian ini, adalah: 1) Memperoleh gambaran yang jelas tentang kegiatan pelestarian koleksi kaset video di Perpustakaan ISI Surakarta, 2) Memperoleh gambaran yang jelas cara pustakawan dalam melestarikan informasi yang terdapat dalam koleksi kaset video di Perpustakaan ISI Surakarta, 3) Untuk mengetahui peran pustakawan dalam meningkatkan mutu pelayanan bahan rujukan yang berupa koleksi kaset video bagi mahasiswa di Perpustakaan Isi Surakarta, 4) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat dalam alihmedia koleksi kaset video di Perpustakaan ISI Surakarta.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Selanjutnya peneliti memilih teknik purposive untuk digunakan dalam penelitian. Pemilihan informan dalam penelitian ini ditentukan

berdasarkan kriteria, yaitu yang pertama adalah memiliki tanggung jawab dalam tindakan pelestarian, baik informan yang terjun langsung ke lapangan maupun informan yang menjadi kunci dari kegiatan yang dilakukan. Kedua, orang yang pernah berkunjung ke perpustakaan ISI Surakarta dan mencari koleksi tari putri gaya Surakarta. Ketiga memiliki pengalaman dalam memanfaatkan koleksi bahan pustaka perpustakaan ISI Surakarta. Data yang telah terkumpul, selanjutnya diolah dan dianalisis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles Huberman yang meliputi data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing (penarikan kesimpulan).

 

 

Biografi Penulis

Mustofa Mustofa

Mustofa

Pustakawan Ahli Muda

UPT. Perpustakaan ISI Surakarta

Referensi

Anderson, Ronald H. 1987. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka bekerja sama dengan CV. Rajawali.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Husna, Alfa. (2013) “Pelestarian kandungan informasi dengan alih media digital.”Makalah yang disajikan pada wokshop ptreservasi dan konservasi bahan perpustakaan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Diunduh melalui http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/616/jbptuikompp-gdlcalismarya-30777-1-lfahusa.pdf. Pada tanggal 24 Juli 2019.

Ilham, Mughnifar, Pengertian Video – Jenis-Jenis dan Fungsi Video (Lengkap),2019 dalam https://materibelajar.co.id/pengertianvideo/diakses pada tanggal 23 Juli 2019.

Maortoatmojdo, Karmidi. 2010. Pelestarian Bahan Pustaka. Jakarta : Universitas Terbuka.

Nashihuddin, Wahid, Peningkatan Peran Pustakawan Perguruan Tinggi Melalui Program Difusi Informasi Iptek Ke Masyarakat, diakses dalam https://www.researchgate.net/publication/303824258_peningkatan_peran_pustakawan_perguruan_tinggi_melalui_program_difusi_informasi_iptek_ke_masyarakat,tanggal 24 Juli 2019.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan KreatifMembuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sri Wahyuningsih, 2016. “Penerapan Teknologi Informasi Sebagai Media Utama Dalam Pelestarian Koleksi Digital Di Perpustakaan Utsman Bin Affan Universitas Muslim Indonesia Makassar”. Skripsi, Makasar : Fakultas Adab Dan Humaniora UIN Alauddin.

Sulfiani. 2017. “Strategi Pelestarian Bahan Pustaka di Perpustakaan Abdurrasyid Daeng Lurang Sungguminasa Gowa” Skripsi. Makasar : Fakultas Adab Dan HumanioraUniversitas Islam Negeri Alauddin

Diterbitkan

2021-11-13

Terbitan

Bagian

Articles