Literasi Informasi dalam Pencegahan Penularan COVID-19 pada Anak

Literasi Informasi Dalam Pencegahan Penularan Covid-19 Pada Anak

Penulis

  • Intan Ayuni Universitas Padjadjaran

Kata Kunci:

Anak, COVID-19, Literasi Informasi, Literasi Kesehatan

Abstrak

Pada masa pandemi COVID-19 kemampuan literasi informasi semakin dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas informasi yang diperoleh terkait COVID-19 sebagai upaya menjaga kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana literasi informasi yang dilakukan anak-anak sebagai pengguna informasi dalam memperoleh informasi mengenai COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengolahan data dilakukan dengan menyajikan deskripsi hasil wawancara, pengamatan dan observasi secara naratif. Informan dalam penelitian ini yakni siswa dan guru sekolah dasar. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu hanya pada siswa kelas enam sekolah dasar yang pernah melakukan penelusuran informasi COVID-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan literasi informasi pada anak dalam memperoleh informasi COVID-19 dilakukan dengan sederhana. Pada komponen akses dilakukan dengan menggunakan sumber-sumber informasi berdasarkan minat dan kemudahan penggunaan, seperti media sosial dan televisi. Pada komponen evaluasi dilakukan dengan sederhana, anak-anak tidak melakukan penyaringan informasi namun membandingkannya dengan informasi dari sumber lain. Pada komponen penggunaan, anak-anak menggunakan informasi untuk diterapkan dan disebarkan kepada teman sebaya, namun belum melakukan presentasi informasi.  

Referensi

PUSPENSOS. (2020). COVID-19 dan Bencana Nasional. https://puspensos.kemensos.go.id/covid-19-dan-bencana-nasional

Septiyantono, T. (2014). Konsep Dasar Literasi Informasi. 1–77. http://repository.ut.ac.id/4198/2/PUST4314-TM.pdf

Sukaesih, & Rohman, A. S. (2013). Literasi Informasi Pustakawan : Studi Kasus di Universitas Padjadjaran. 1(1), 61–72. http://journal.unpad.ac.id/jkip/article/view/9612

World Health Organization. (2013). Health Literacy: The solid facts. In K. Ilona (Ed.), WHO Regional Office for Europe. https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/128703/e96854.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Diterbitkan

2023-02-23

Terbitan

Bagian

Articles