ANALISIS AKTIVITAS PENGGUNAAN ASET DI DIVISI INSTITUT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA ALAM (IPSA)

Authors

  • Ni Putu Ayu Prosesi Apriliana
  • I Wayan Bagia
  • I Ketut Suwarna

DOI:

https://doi.org/10.23887/bjm.v4i1.21968

Keywords:

aktivitas penggunaan aset

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif tentang rasio aktivitas penggunaan aset di divisi IPSA PT Karya Pak Oles Tokcer tahun 2011-2012 ditinjau dari rasio perputaran persediaan, perputaran piutang, perputaran modal kerja, perputaran aktiva tetap, dan perputaran total aktiva. Subjek dalam penelitian ini adalah divisi Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) PT Karya Pak Oles Tokcer dan objeknya adalah aktivitas penggunaan aset. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif yang berupa aktivitas penggunaan aset yang bersumber dari laporan neraca dan laporan laba/rugi yang dikumpulkan melalui teknik dokumentasi dan wawancara, serta dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas penggunaan aset secara total di tahun 2011 berada pada kategori cepat, akan tetapi pada tahun 2012 berada pada kategori lambat. Aktivitas penggunaan aset jika dilihat per dimensi rasio perputaran persediaan dan rasio perputaran modal kerja tahun 2011 berada pada kategori cepat sedangkan jika dilihat dari perputaran piutang, rasio perputaran modal kerja tahun 2012, rasio perputaran aktiva tetap dan rasio perputaran total aktiva berada pada kategori lambat.

References

Awat, Napa J. 1999. Manajemen Keuangan : Pendekatan Matematis. Jakarta : Gramedia

Cempaka, K Maharani. 2004. Analisis Efektivitas Penggunaan Aktiva di KUD Karma Bumi Amertha Kubutambahan. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Ekonomi, STIE Singaraja.

Darsono dan Ashari. 2005. Pedoman Praktis Memahami Laporan Keuangan. Yogyakarta: ANDI OFSET.

Deviyanti, Dwi Risma. 2012. Analisis Laporan Keuangan Dalam Menilai Kinerja Keuangan Pada PT Serba Mulia Auto Yamaha 3S Di Balikpapan (Studi Kasus Pada PT Serba Mulia Auto Yamaha 3S DI Balikpapan). Tersedia pada http;//journal.feunmul.in/ojs/index.php/publikasi_ilmiah/article/view/25 (diakses pada tanggal 30 agustus 2013).

Fahmi, Irham. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Hernanto. 1991. Analisa Laporan Keuangan. penerbit YKPN, Yogyakarta.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : Rajawali Pers.

Munawir, S. 2007. Analisa Laporan Keuangan. Edisi 4. Cetakan ke-15. Yogyakarta : Liberty.

Muslich, Mohamad. 2007. Manajemen Keuangan Modern. Cetakan ke-4. Jakarta : Sinar Grafika Offset.

Riyanto, Bambang. 2001. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaaan. Edisi 4. Cetakan ke-7. Yogyakarta : BPFE.

Sawir, Agnes. 2005. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wijaya, Adi. Gusti Agung. 2012. Analisis Rasio Aktivitas Pada Laporan Keuangan PT. Roda Vivatex TBK. Tersedia pada http://www.gunadarma.ac.id (diakses tanggal 31 Agustus 2013)

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles