PENGARUH ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA NEGARA (APBN) TERHADAP BELANJA LANGSUNG PADA PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN/KOTA

Authors

  • Ni Nyoman Sri Ayu Lestari
  • I Wayan Bagia
  • Gede Putu Agus Susila Jana

DOI:

https://doi.org/10.23887/bjm.v4i1.21974

Keywords:

APBN dan belanja langsung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan tentang pengaruh (1) dana bagi hasil, dana alokasi umum dan dana alokasi khusus terhadap belanja langsung, (2) dana bagi hasil terhadap belanja langsung, (3) dana alokasi umum terhadap belanja langsung, dan (4) dana alokasi khusus terhadap belanja langsung. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif kausal. Subjek penelitian adalah kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bali dan objek penelitian adalah belanja langsung dan APBN. Jenis data adalah data kuantitatif. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh positif dana bagi hasil, dana alokasi umum, dan dana alokasi khusus terhadap belanja langsung sebesar 0,713 (71,3%); (2) ada pengaruh negatif dana bagi hasil terhadap belanja langsung sebesar -0,408 (-40,8%); (3) ada pengaruh positif dana alokasi umum terhadap belanja langsung sebesar 0,665 (66,5%); dan (4) ada pengaruh negatif dana alokasi khusus terhadap belanja langsung sebesar -0,658 (-65,8%).

References

Abdullah, Halim. 2004. Akuntansi Sktor Publik Akuntansi Keuangan Daerah, Edisi Revisi. Jakarta: Salemba Empat.

Aprenilita. 2013. Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) Dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Alokasi Belanja Daerah (ABD). Skripsi. Universitas Gunadarma: Jawa Barat.

Bastian, Indra. 2003. Akuntansi Sektor Publik di Indonesia, Pusat Pengembangan Akuntansi Fakultas Ekonomi. Jakarta : Universitas Gajah Mada.

---------- 2010. Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlanga.

Darise, Nurlan. 2008. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Indeks.

Elmi, Bahrul 2002. Keuangan Pemerintah Daerah Otonom di Indonesia. UI Press- Jakarta.

Mujib, Ibnu dan Abdullah Halim. 2009. Problem Desentralisaasi dan Perimbangan Keuangan Pemerintahan Pusat-Daerah Peluang dan Tantangan dalam Pengelolaan Sumber Daya Daerah. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana UGM.

Mardiasmo. 2002. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Martowardojo. 2012. Pelengkap Buku Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah. Jakarta.

Masdjojo, Gregorius N. dan Sukartono. 2009. “Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Perimbangan terhadap Belanja Daerah Serta Analisis Flypaper Effect Kabupaten/kota di Jawa Tengah Tahun 2006 – 2008”. Jurnal Telaah Manajemen, Vol. 6 Edisi 1, Hal 32-50.

Muliana. 2009. Pengaruh Rasio Efektivitas Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum Dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah Pada Pemerintah Kabupaten/Kota Diprovinsi Sumatera Utara. Skripsi. Universitas Sumatera Utara: Sumatera Utara.

Permendagri No. 13 Tahun 2006 Pasal 36. Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

Prakoso, Kesit Bambang. 2004. “Analisa Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Prediksi Belanja Daerah Studi Empirik di Wilayah Provinsi Jawa Tengah dan DIY”. Jurnal JAAI, Volume 8 Nomor 2, Hal 54-77

Rahardjo, Adisasmita. 2011. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saragih, Juli Panglima. 2003. Desentralisasi Fiskal dan Keuangan Daerah dalam Otonomi. Cetakan Pertama. Jakarta: Ghalia Indonesia

Suparmoko. 2002. Ekonomi Publik Untuk Keuangan dan Pembangunan Daerah. Yogyakarta: ANDI.

Syarifin, Pipin dan Dedah Jubaedah. 2005. Pemerintahan Daerah di Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Undang-undang No. 17 Tahun 2003. Tentang Keuangan Negara Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Wahyuni dan Adi, Hari Pryo. 2009. Analysis Pertumbuhan Dan Kontribusi Dana Bagi Hasil Terhadap Pendapatan Daerah. Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga: Surabaya.

Wijaya, H.A.W. 2007. Penyelenggaraan Otonomi di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles