PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT
DOI:
https://doi.org/10.23887/bjm.v5i1.21975Keywords:
citra merek, keputusan pembelian, kualitas produkAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh simultan citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, (2) pengaruh parsial citra merek terhadap keputusan pembelian, dan (3) pengaruh parsial kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat. Desain penelitian eksplanatori dan menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Manajemen angkatan tahun 2015 yang pernah atau sedang menggunakan produk sepeda motor Honda Beat dan objek dalam penelitian ini adalah sepeda motor Honda Beat. Dari perhitungan yang dialkukan dengan menggunakan rumus ferdinand maka banyaknya responden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 80 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa kuesioner yang memiliki total 11 pernyataan, kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) citra merek dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, (2) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan (3) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat
References
Ali, Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service)
Angkasa. 2017. Pengaruh Celebrity Endorserdan Citra Merek Terhadap Keputusan Membeli Motor Honda BEAT Di Kota Manado. Jurnal EMBA Vol.5 No.2 Juni 2017, Hal. 1834-1845
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penilitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Belch, George dan Michael Belch. 2004. Advertising and Promotion an Integrated Marketing Communications Perspective. New York: McGraw-Hills Inc.
Bramantya. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter Mx Di Kota Denpasar.E-Jurnal Manajemen.Unud, Vol.5, No.3, 2016, Hal. 1745-1771
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 edisi lima. Semarang: Universitas Diponogoro.
Husein Umar, 2004, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Cet ke 6, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada
Keller, Kevin Lane. 2003. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Peretice Hall.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.
Malik et al.,. 2013. Impact of Brand Image and Advertisement on Consumer Buying Behaviour. World Applied Sciences Journal 23, Hal. 117-122.
Mardalis, Ahmad. 2005. Meraih Loyalitas Pelanggan. Jakarta: Balai Pustaka.
Melati, Ayu Kusuma dan Widyastuti. 2014. Pengaruh Citra Merek Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Pembalut Wanita CHARM. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol.2 No.2 April 2014.
Morissan. 2012. Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Parengkuan, Valentine. 2014. Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head AndShoulders di 24 Mart Manado. Jurnal EMBA. Vol.2 No.3 September 2014, Hal.1792-1802.
Rahayu, Lusiana Putri. 2010. Perilaku Penggunaan Pembalut pada Mahasiswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Royan, Frans M. 2005. Marketing Celebrities : Celebrity Endorser dalam Iklan Dan Strategi Celebrity Endorser Memasarkan Diri Sendiri. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Schiffman, Leon G. dan Leslie L. Kanuk. 2004. Consumer Behaviour 7th Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Schiffman, Leon, dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Zoelkifli Kasip. Edisi Ketujuh. Cetakan Keempat. Jakarta: Prenada Media Group.
Setiadi, Nugroho J. (2003). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Shimp,ATerence, 2003. PeriklananPromosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Sugiono, 2001. Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta Bandung.
Sugiono, 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfaabeta.
Sugiono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfaabeta.
Sugiyono, 2014.Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor Selatan: Penerbit Ghalia Indonesia.
Supranto, J dan Nandan Limakrisna. 2011. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran untuk Memenangkan Persaingan Bisnis. Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Wulandari. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo Di Kota Denpasar.E-Jurnal Manajemen.Unud, Vol. 4, No. 11, 2015, Hal. 3909-3935