PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Authors

  • Putu Darmawan Putra
  • I Wayan Bagia
  • Ni Nyoman Yulianthini

DOI:

https://doi.org/10.23887/bjm.v5i1.21976

Keywords:

disiplin kerja, gaya kepemimpinan transformasional, kinerja pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh, (1) gaya kepemimpinan transformasional dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai, (2) gaya kepemimpinan transformasional terhadap disiplin kerja, (3) gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai dan (4) disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Buleleng. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Buleleng dan objeknya adalah gaya kepemimpinan transformasional, disiplin kerja, dan kinerja pegawai. Populasi penelitian ini berjumlah 90 pegawai yang semuanya dijadikan unit pengamatan, sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, dan wawancara, serta dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh positif dari (1) gaya kepemimpinan transformasional dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai, (2) gaya kepemimpinan transformasional terhadap disiplin kerja, (3) gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai dan (4) disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Buleleng.

 

References

Bass, B.M. 2009. MLQ Multi factor Leadership Questionairi For Research. Mind Garden Redwood City CA.

Firda. 2015. Pengaruh Gaya Kepeminpinan Transformasional Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Grand Victoria Di Samarinda. E-Jurnal Ilmu Admistrasi Bisnis. Volume 3, Nomor 3, (hlm.612--624)

Galih, Nimpuno. 2015. Pengaruh Disiplin Kerja Dan Gaya Kepeminpinan Terhadap kinerja Karyawan UD. Pustaka Pelajar Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

McColl-Kennedy, J. R., & Anderson, R. D. 2005. Subordinatemanager gender combination and perceived leadership-style influence on emotions, self-esteem and organizational commitment. Journal of Business Research. Volume 58, Nomor 11. (hlm.115--125).

Mondiani, Tria. 2014. Pengaruh Kepeminpinan Transformasional Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. PLN (Persero) UPJ Semarang. Jurnal Admistrasi Bisnis”. Volume 1, Nomor 1 (hlm.12--15).

Pranantio, Sani dkk. 2014. Pengaruh Motivasi, Gaya Kepemimpinan Transaksional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Nyonya Meneer. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis,Volume 1, Nomor 1 (hlm.35--40).

Robbins, Stephens P. 2007, Perilaku Organisasi, Jilid I & II ( alih bahasaHadyana Pujaatmaja ), Jakarta: Prentalindo.

---------- and Timothy A Judge. 2010. Perilaku Organisasi. Edisi ke 6. Jakarta: Salemba Empat.

Rafferty, Alannah E. Dan Mark A.griffin. 2004. Dimensions of Transformational Leadership Conceptual and Empirical Extensions. International Journal of The Leadership Quarterly. Volume 1, Nomor 1 (hlm 329--354).

Sastrodiwiryo, Siswanto. 2002. Prinsip-Prinsip Prilaku Organisasi, Penerjemah Dewi Sartika. Edisi Ke 2. Jakarta: Erlangga.

Setiyawan, Budi dan Waridin. 2006. Pengaruh Disiplin Kerja Karyawan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Di Divisi Radiologi RSUP Dokter Kariadi Semarang . Jurnal JRBI. Volume 2, Nomor 2. (hlm:181--196).

Susilaningsih, Nur.2008. Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Motivasi, Pengawasan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Study Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Wonogiri. Volume 1 Nomor 2.

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja, Edisi Ketiga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yulk, 2010. Kepeminpinan dalam Organisasi (Edisi Kelima). Alih Bahasa: Budi Supriyanto. Jakarta: PT Indexs.

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles