PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/bjm.v5i1.21982Keywords:
kualitas, desain, keputusan pembelianAbstract
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian, (2) kualitas produk terhadap keputusan pembelian, (3) desain produk terhadap keputusan pembelian. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi berganda dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan dari (1) kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian dengan sumbangan pengaruh sebesar 80,3%, (2) kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan sumbangan pengaruh sebesar 21,9%, dan (3) desain produk terhadap keputusan pembelian dengan sumbangan pengaruh sebesar 8,9% pada kalangan mahasiswa Jurusan Manajemen.
References
Anggar, Krisnasakti. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Konsumen di Kota Semarang. Skripsi Sarjana Jurusan Manajemen pada Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang
Angipora, Marius. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Assauri, Sofjan. 2004a. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press
_______. 2004b. Manajemen Pemasaran, Edisi I. Cetakan ke-7. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Ghozali, Imam. 2006.Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP
-------. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 Edisi ke Lima. Semarang: Universitas Diponegoro
Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen, Edisi 3. Yogyakarta: Liberty Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol 3 no 2
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi Keduabelas Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Index
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 1994. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Keenam, Jilid 1. Jakarta: Intermedia
-------. 1996. Principles of Marketing, Prentice Hall Inc., 7th Edition. New Jersey: Englewood Cliffs
-------. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 2, Edisi ke-8. Jakarta: Erlangga
-------. 2008a. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
_______. 2008b. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2, Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Nasution. 2001. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia
-------. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia
Saidani, Basrah. 2013, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Futsal Adidas Di Wilayah Jakarta Timur”. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol. 4 No. 2
Sandro, Dermawan. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Dan Desain Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mpv Merek Toyota Innova Di Semarang. Skripsi Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Semarang
Santoso, Singgih. 2000.Buku Latihan SPSS, Statistik Non-Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Soewito, Yudhi. 2013, “Kualitas Produk, Merek Dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio”. Jurnal EMBA. Vol. 1 No.3
Stanton, William J. 2005. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharno dan Yudi Sutarso. 2010. Marketing in Practice. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sulistyo, Joko. 2010. 6 Hari Jago SPSS 17. Yogyakarta: Cakrawala
Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Swastha, Basu. 2000. Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Jakarta: Liberty
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset
-------. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset
Wardaya, Yuda. 2015. Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Chargecity Clothing Kota Kediri. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri
Yusup, Muhammad. 2011.Analisis Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang). Skripsi Universitas Diponegoro. Semarang
Zamroni. 2010. Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Merek Polytron Di Kabupaten Kudus. Skripsi Universitas Negeri Semarang. Semarang