PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Authors

  • Ketut Edy Wirawan
  • I Wayan Bagia
  • Gede Putu Agus Jana Susila

DOI:

https://doi.org/10.23887/bjm.v5i1.21991

Keywords:

kinerja karyawan, tingkat pendidikan, dan pengalaman kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan, (2) tingkat pendidikan terhadap pengalamankerja, (3) tingkat pendidikan terhadap kinerja karyawan, dan (4) pengalamankerja terhadap kinerja karyawan pada PT Mandiri Tri Makmur. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Mandiri Tri Makmur, dan objek penelitian adalah tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dan kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 karyawan. Semua populasi ini dijadikan unit pengamatan, sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dan kinerja karyawan yang bersumber dari karyawan dan kepala cabang PT Mandiri Tri Makmur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) kuesioner, dan (2) pencatatan dokumen, kemudian dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dari (1) tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan, (2) tingkat pendidikan terhadap pengalaman kerja, (3) tingkat pendidikan terhadap kinerja karyawan, dan (4) pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Mandiri Tri  Makmur.

References

Alwi, Syafaruddin, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Keunggulan. Kompetitif, Yogyakarta : BPFE.

Amrazi Zakso. 2010. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Kepala Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Manajemen, Volume 2 Nomor 4 (hlm. 1-16). Program Magister Administrasi Pendidikanfkip Untan Pontianak.

Artatanaya. 2013. Pengaruh Pendidikan, Pengalaman Kerja, dan Komunikasi Terhadap Kinerja Sekretaris General Manager Pada Hotel Berbintang Lima di Bali. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, vol 9. no. 2 (hlm. 1-12).

Foster, Bill. 2001. Pembinaan untukPeningkatan Kinerja Karyawan.Jakarta: PPM. Kansius.

Handoko, H, 1998, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Edisi 2, Yogyakarta : BBPE.

Husaini Usman. (2011). Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara, Anwar P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ikhsan, Fuad. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Liza dan Suktiarti. 2013. “Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan, Tingkat Pendidikan dan Status Pekerjaan dengan Motivasi Lansia Berkunjung ke Posyandu Lansia di Desa Dadirejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan”. Skripsi. Jurusan S1 Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.

Martoyo, Susilo. 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 5, Cetakan Pertama, BPFE Yogyakarta.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kinerja, Edisi Revisi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Mulya, Ganjar. 2013. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengalaman Kerja dan Pemberian Insentif Kerja terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Kasus Pada Cv. Yugatama Prima Mandirikab. Jember”. Skripsi. Jurusan Ilmu Ekonomi, Universitas Brawijaya Malang.

Robbins, Stephen P. dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi Edisi ke-12, Jakarta: Salemba Empat.

Setiawati. 2014. “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Pengalaman Kerja terhadap Kinerja Pegawai Pemerintahan Kecamatan (Studi Kasus di Kecamatan Tanjung Karang Timur”. Tesis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Lampung.

Soekidjo, Notoatmodjo. 2003. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2004. Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.

Suyadi Prawirosentono. (2008). Manajemen Sumber Daya ManusiaKebijakan Kinerja Karyawan”. Yogyakarta: BPFE.

Veithzal Rivai, 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan,Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Widi, Lestari. 2011. “Pengaruh Upah, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Pada Industri Kecap di Kecamatan Pati Kabupaten Pati”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles