ANALISIS KINERJA KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGELOLAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH DI KABUPATEN JEMBRANATAHUN

Authors

  • Sandy Candra Saputra
  • I Wayan Suwendra
  • Fridayana Yudiaatmaja

DOI:

https://doi.org/10.23887/bjm.v4i2.22006

Keywords:

keuangan daerah, kinerja belanja, kinerja keuangan dan kinerja pendapatan

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui kinerja keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Jembrana dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2010-2014.Kinerja keuangan dalam pengelolaan anggaran pendapatan daerahdilihat dari varian pendapatan, derajat desentralisasi,kemandirian keuangan daerah, dan pertumbuhan pendapatan.Kinerjakeuangan dalam pengelolaan anggaran belanja daerahditinjau dari varian belanja, keserasian belanja, dan efisiensi belanja.Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Data dikumpulkan dengan metode pencatatan dokumen dan kemudian dianalisis dengan rasio keuangan.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) varian pendapatan termasuk dalam kategori baik (2) rasio derajat desentralisasi termasuk dalam kategori sangat kurang (3) rasio kemandirian keuangan daerah termasuk dalam kategori rendah sekali (4) rasio pertumbuhan pendapatan menunjukan pertumbuhan yang positif (5) varian belanja termasuk dalam kategori baik (6) rasio keserasian belanja menunjukan realisasi belanja lebih banyak pada belanja operasional (7) rasio efisiensi belanja termasuk dalam kategori efisien.

References

Agus, Nurhayati. 2008. Analisis Realisasi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah di Kota Bitung. Skripsi.Universitas Sam Ratulangi Manado.

Fahmi, Irfan. 2011. Analisis Kinerja Keuangan. Cetakan kesatu. Alfabeta CV. Bandung.

Halim, Abdul. 2002. Akuntansi Keuangan Daerah. Salemba Empat. Jakarta.Halim, Abdul. 2007. Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi ketiga. Salemba Empat. Jakarta.

Haris, Syamsuddin. 2005. Desentralisasi dan Otonomi Daerah. Jakarta : LIPI Pres

Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 29 tahun 2002 Tentang Pedoman Pengurusan, Pertanggungjawaban dan Pengawasan Keuangan dan Belanja Daerah, Pelaksanaan Tata Usaha Keuangan Daerah dan Penyusunan Perhitungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Mahmudi, 2007. Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Yogyakarta: UUP STIM YKPN

Marizka, Addina. 2009. Analisis Kinerja Pengelolaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Pemerintah Kota Medan. Universitas Sumatra. Medan.

Rosalina, Eka. 2008. Analisis Kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Mada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Antara pusat dan daerah.

Widodo.2001. Analisa Rasio Keuangan Pada APBD Kabupaten Boyolali, Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: UPP YKPN.

Yuliati. 2001. Analisa Kemampuan Keuangan Daerah Dalam Menghadapi Otonomi Daerah, Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: UPP.

Downloads

Published

2018-10-30

Issue

Section

Articles