PENGARUH EARNING PER SHARE DAN DIVIDEND PER SHARE TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM INDEKS LQ45

Authors

  • Made Suriani
  • I Wayan Suwendra
  • Fridayana Yudiaatmaja

DOI:

https://doi.org/10.23887/bjm.v4i2.22007

Keywords:

dividend per share, earning per sharedan harga saham

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanatif yang teruji tentang pengaruh (1) earning per share dan dividend per share terhadap harga saham, (2) earning per share terhadap dividend per share, (3) earning per share terhadap harga saham, dan (4) dividend per share terhadap harga saham pada perusahaan yang tergabung dalam Indeks LQ45 periode 2011-2013. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam Indeks LQ45 dan objek dalam penelitian ini adalah earning per share, dividend per share dan harga saham. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi dan dianalisis menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan (1) earning per share dan dividend per share terhadap harga saham, (2) earning per share terhadap dividend per share, (3) earning per share terhadap harga saham, dan (4) dividend per share terhadap harga saham pada perusahaan yang tergabung dalam Indeks LQ45 periode 2011-2013.

References

Ang, Robbert. 1997. Pasar Modal Indonesia. Jakarta : Mediasoft Indonesia.

Arifin, Ali. 2002. Membaca Saham. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Baridwan, Zaki. 2004. Intermediate Accounting. Yogyakarta : BPFE

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Jakarta:Erlangga.

Darmadji, Tjiptono dan Fakhruddin, Hendy. 2001. Pasar Modal di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.

Fuller, Russel J. and Farrell James L.Jr. (1987), Modern Investment and Security Analysis, International Editions Financial Series. Singapore: McGraw Hill.

Husnan, Suad. 2001. Dasar-dasar teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Edisi Ketiga. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.

Intan, Taranika. 2009. Pengaruh Dividend per share dan Earning per share Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Go Public Di Bursa Efek Indonesia. Medan : Universitas Sumatra Utara.

Jogiyanto. 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE.

Priatinah, Denies dan Prabandaru Adhe Kusuma. 2012. Pengaruh Return On Invesment, Earning per share, dan Dividend Per Share Terhadap Harga Saham Perusahaan PertambanganYang Terdaftar Di Bursa Efek

Setiawati. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dividend per share Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010. Universitas Hasanudin Makasar.

Sunariyah. 2004. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. Yogyakarta : UPP AMPN

Syamsudin, Lukman. 2007. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta :Raja Grafindo Persada.http://www.idx.co.id

Downloads

Published

2018-10-30

Issue

Section

Articles