PENGARUH PERSONAL SELLING AGEN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN NASABAH PADA PT.SUN LIFE FINANCIAL CABANG PEMARON A.YANI

Authors

  • I Dewa Ayu Gede Diyah Saraswati
  • Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi
  • Gede Putu Agus Jana Susila

DOI:

https://doi.org/10.23887/bjm.v5i2.22021

Keywords:

keputusan pembelian, kualitas produk, dan personal selling.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh (1) personal selling agen dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, (2) personal selling terhadap keputusan pembelian, (3) kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif kausal. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi berganda dengan uji asumsi klasik. Sampel dalam penelitian ini yaitu nasabah PT.Sun Life Financial Cabang Pemaron yang membeli minimal dua program yang berbeda maupun sejenis dengan melibatkan 94 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan simultan dari personal selling dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0,785; ada pengaruh signifikan parsial dari personal selling terhadap keputusan pembelian sebesar 0,445; dan ada pengaruh signifikan parsial dari kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 0,173. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya proses personal selling yang baik dan kualitas produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah akan berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih asuransi.

References

Dwiastuti, Rini, dkk. 2012. Ilmu Perilaku Konsumen. Malang:Tim UB Press.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multiviarate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta:PT. Buku Seru.

Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Kotler, Philip dan K. L. Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 12. ______:Indeks.

Kristianto, Paulus Lilik. 2011. Psikologi Pemasaran:Integrasi Ilmu Psikologi dalam Kegiatan Pemasaran. Jakarta:PT. Buku Seru.

Marwanto, Aris. 2015. Marketing Sukses. Jakarta:PT. Buku Kita.

Morissan. 2010. Periklanan:Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta:Kencana.

Priyanto, Refi Eko, Edi Safni Rosa dan Rini Syarif. 2014. “Pengaruh Personal Selling dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian”. Jimkes, Vol.2.No.1 (hlm.1).

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta:CV.Andi Offset.

Simamora, Bilson. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta:PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sitompul, Hanna. 2015. “Pengaruh Personal Selling Terhadap Sikap Konsumen Memilih Produk Asuransi (Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Pekanbaru)”. Jom FISIP,Vol.2 No.2 (hlm.7).

Sari, Yakut Dekrita. 2012. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Industri Garment”. (hlm.88).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung:CV.Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung:CV.Alfabeta.

Suhartanto, Dwi. 2014. Metode Riset Pemasaran. Bandung:Alfabeta

Sulistyawati, Praba. 2010. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer di Kota Semarang. Jurusan Manajemen, Universitas Diponegoro Semarang.Sunyoto, Danang. 2012. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta:PT.Buku Seru.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik Edisi Kedua. Yogyakarta:Andi.

Widiana, Muslichah Erma dan E.Rusmawati. 2014. “Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Produk dan Penjualan Perorangan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Maspion di Desa Seruni Gedangan Sidoarjo”. E-Jurnal Manajemen Kinerja (hlm.68-73).

Downloads

Published

2019-11-25

Issue

Section

Articles