Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Suzuki Indobali Trada Cabang Karangasem

Authors

  • I Gede Kertiyasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Komang Krisna Heryanda Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

customer satisfaction, product quality, service quality.

Abstract

This study aims to examine the influence of product quality and service quality on customer satisfaction at PT. Suzuki Indobali Trada Karangasem Branch. The number of samples in this study were 95 respondents, the sample technique used was purposive sampling technique. The data methods used were interviews, questionnaires, and document recording. The data analysis technique in this research is quantitative using multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that (1) product quality and service quality have a significant effect on customer satisfaction, (2) product quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, and (3) service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction.

References

Adisaputro, G. 2010. Manajemen Pemasaran Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. STIM YKPN. Yogyakarta.

Aulia, Hidayat. 2017. Pengaruh Kualitas Produk , Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Amanda Brownies. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 6, Nomor 5, Mei 2017.e-ISSN : 2461-0593

Cahyani, Sitohang. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 3, Maret 2016

Diza, Moniharapon dan Ogi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Konsumen studi pada PT. fifgroup cabang manado. Jurnal EMBA 109 Vol.4 No.1 Maret 2016, Hal. 109-119

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Hayati, Sekartaji. 2015. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen di restoran bebek dan ayam goring pak ndut solo. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Volume 1 No. 1 Tahun 2015, Hal. 49-56

Jahanshahi, Asghar Afshar., et al. 2011. Study the Effects of Customer Service and Produk Quality on Customer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Humanities and Social Science vol.1 no.7 June 2011.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007.Manajemen Pemasaran. Steak And Ice Cream Cabang Jati

Kotler, P. dan G. Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedua belas. Jilid Satu. Erlangga. Jakarta.

Kotler P. dan K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P. dan G. Armstrong. Jakarta. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13.

Erlangga. Jakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis?. Edisi 4. Penerbit Erlangga.

Lonardo dan Yasintha Soelasih. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lingkungan Fisik Perusahaan Kue Lapis Legit XYZ Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Membangun Word of Mouth Positif. Jurnal Manajemen vol.11 no.1 Mei 2014.

Lovelock, C. & Wirtz, J. (2011). Service marketing, people, technology, strategy (7th ed.). New Jersey : Pearson Prentince Hall.

Lyony, Dyanthy, Sistem Informasi Persediaan Suku Cadang Bengkel

Borneo Motor Semarang, 2010.

Maramis, Sepang dan Soegoto. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Air Manado. Jurnal EMBA Vol.6 No.3 Juli 2018, Hal. 1658 – 1667

Noviyanti. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV usaha mandiri Jakarta selatan JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), Vol.1, No.2 , Februari 2018

Nugroho, Dwi Mulyono. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Layanan, dan Harga Produk Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Prabayar Telkomsel. Jurnal OE vol. 7 no. 2 Juli 2015.

Ofela, Agustin. 2016. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen kebab kingabi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen : Volume 5, Nomor 1, Januari 2016

Oliver, Richard L. (2010) Satisfaction: a Behavioural Perspective on the Consumer. 2nd ed. New York: M.E. Sharpe, Inc.

Priyatno, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regresi dan Mulitivariate dengan SPSS. Penerbit Gava Media.

Ratnasari R. T. dan M. Aksa. 2011. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan 1. Ghalia Indonesia. Bogor.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis Disertasi Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Semarang. Universitas Diponegoro. Semarang. Tersedia pada http://ejournal-si.undip.ac.id/index.php/ (diakses tanggal 27 April 2015)

Setyo. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen best auto works PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 6, Februari 2017: 755 – 764

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Afabeta

Sugiyono, 2009. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Suryana, A. 2007. Kiat Melayani Pelanggan Bebas Complain. Jakarta: Khilma Pustaka.

Suryani. 2013. Perilaku Konsumen Di Era Internet: Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Suwardi. 2011. Menuju Kepuasan Pelanggan Melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan. Jurnal Pengembangan Humaniora volume 11 edisi 1.

Tjiptono, fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Tjiptono, dan G. Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi Dua. Andi Offset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2014 Pemasaran Jasa. Gramedia Cawang. Jakarta

Tombeng, Roring, Rumokoy. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada rumah makan raja oci manado. Jurnal EMBA. Vol.7 No. 1 Januari, Hal. 891-900.

Weenas, Jackson R.S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA vol.1 no. 4 Desember 2013.

Winahyuningsih, Panca, 2010. Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Hotel Griptha Kudus. Jurnal. Staf pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus,ISSN:1979-6889. http://eprints.umk.ac.id/view/creators/Winahyuningsih=3APanca=3A.html. Diakses tanggal 9 Oktober 2015. Hal 1-17.

Zeithaml dan Bitner, M. J. 2013. Service Marketing, Sixth Edition. Mc Graw Hill. America.

Downloads

Published

2022-04-27

Issue

Section

Articles