Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Minimarket Cahaya Baru Singaraja

Authors

  • Linda Pratiwi Handayani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Yulianthini Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

customer satisfaction, service quality, customer value

Abstract

The purpose of this study was to test the quality of service and customer value on customer satisfaction simultaneously and partially at the Cahaya Baru Minimarket Singaraja. Research.this.is.research.quantitative.causal. The sample in this study were 130 customers at the Cahaya Baru Minimarket. Methods of data collection using interviews and questionnaires. Data analysis was performed by multiple linear regression analysis. The results obtained in the study indicate that (1) service quality and customer value have a significant effect on customer satisfaction, (2) service quality has a positive and significant effect on customer satisfaction, and (3) customer value. positive and significant effect on customer satisfaction at Minimarket Cahaya Baru Singaraja.

References

Apriyani, Dwi, dkk. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada The Little A Coffee Shop Sidoarjo”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 51. No. 2.

Atmawati, R, dan M, Wahyudin. 2007. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departement Store Di Solo Grand Mall Surakarta”. Jurnal Daya Saing, Program MM-UMS.

Dirgantara, Wira. 2013. “Pengaruh Kualitas Pelayangan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengunjung Museum Kartini Jepara”. Management Analysis Journal.

Harpadeles Ian, dkk. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Trans Metro Pekanbaru”. JOM FEKON. Volume 3. Nomor 1.

Hidayat, Asep. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa di Jakarta. Majalah Ilmiah Ilmu Administrasi”.Volume XIII, No.02.

Iskandar, Hendri, dkk. 2017. “Effect of Customer Value and Quality of Service on Customer Satisfaction on Customer GO-JEK Jakarta”. International Journal of Advance Scientific Research. Volume. 2. Issue. 5.

Kotler, Philip. dan Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi kedua belas. Jakarta: Erlangga.

Ma’ruf, Hendri. 2006. “Pemasaran Ritel”. Gramedia Pustaka Utama.

Ningrum, Yuni, dkk. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Konsumen GO-JEK di Kota Malang”. JAB Jurnal Aplikasi Bisnis. Volume 4. No. 02.

Nuraini. 2010. Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan London Beauty Centre di Surabaya. Skripsi. Jurusan Manajemen, Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran” Jawa Timur.

Nurhalimah, Nuni, dkk. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan”. E-Qien Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 6. No. 2.

Panjaitan, Efendi Januar, dkk. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggann Pada JNE Cabang Bandung”. DoReMa Jurnal Manajemen. Vol. 11. No. 2

Rejeki, Tri Sulis. 2017. Pengaruh Persepsi Pada Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Minimarket Alfamart di Yogyakarta. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Sudarnice. 2020. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Minimarket Alfamidi Kolaka”. DIMENSI. Volume 9. No. 2.

Suhendra, Garit, dkk. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Nilaai Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediator pada Pelanggan Bukalapak.com”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 51. No. 2.

Suharyadi, Dedi. 2018. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Yoehan Wanaherang Bogor”. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer. Vol. 3. No. 2.

Sulistyawati, Ni Made, dkk. 2015. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar”. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4. Nomor 8.

Tresiya, Dhita, dkk. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kenyamanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Jasa Ojek Online GO-JEK di Kota Kediri”. JIMEK. Vol. 1. Nomor 2.

Downloads

Published

2022-04-27

Issue

Section

Articles