Determinan Nilai Perusahaan Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020

Authors

  • Ni Wayan Ratna Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Agus Pertama Yudantara

Keywords:

collateralizable assets, research and development, sales growth, firm value.

Abstract

One of the  objecktives of esthablising a company is to be able  to increase the value of the company. The study aims to determine the effect of collateralizable assets, research and development and sales growth on firm value. The population in this study was all cosumer goods industry companies listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) during 2017-2020 which was amounts to 66 companies. The sampling technique in this study used a purposive sampling method, with a sample of 56 sample (14 companies with 4 years of observation). The data collection method used the documentation method. The data was processed used SPSS version 25.0. The result of the study found that collateralizable assets, research and development a partially positive and significant effect on the firm value, while sales growth no effect on the firm value.

References

Agus, R. S. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Arta, I. K. S., Wahyuni, M. A., Agus, I. G., & Yudantara. (2020). PENGARUH PERPUTARAN PERSEDIAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN, TINGKAT HPP, DAN INFLASITERHADAP PROFITABILITAS PADA PT. PERIKANAN NUSANTARA (PERSERO) CABANG BENOA TAHUN 2016-2018. 11(3).

Brigham, & Houston. (2014). Essentials of Financial Management. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Terjemahan Ali Akbar Yulianto (Edisi 11). Jakarta: Salemba Empat.

Bursa Efek Indonesia. (2021). Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan. www.idx.co.id

Fista, B. F., & Widyawati, D. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(5), 2051–2070. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/1188

Helmina, M. R. A., & Hidayah, R. (2017). Pengaruh Institusional Ownership, Collateralizable Assets, Debt to Total Assets, Firm Size Terhadap Dividend Payout Ratio. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(1), 24–32. https://ejournal.stiepancasetia.ac.id/jieb/article/view/49

Herawati, L. N. A. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Penjualan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Indeks LQ45. Akuntansi(Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi).

Hermuningsih, S. (2012). Pengaruh Profitabilitas, Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Sruktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Siasat Bisnis, 16(2), 232–242. https://doi.org/10.20885/jsb.vol16.iss2.art8

Jumiari, N. K. V., & Julianto, I. P. (2017). Pengaruh Intellectual Capital, Kinerja Keuangan, dan Kebijakan Keuangan Terhadap Nilai perusahaan. 10(3), 48.

Kurniawan, A. P., & Mertha, I. M. (2016). Kinerja Keuangan Sebagai Pemediasi Pengaruh Intensitas Research and Development Dan Aset Tidak Berwujud Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 14(1), 723–750.

Kweon, J. A. (2008). Manajemen Keuangan. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Lingga, T. K. R. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Struktur Aktiva Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Strata-1 M(Fakultas Ekonomi Dan Bisnis), Universitas Sumatra Utara. Medan.

Mahdita, S. C. M. (2016). Pengaruh Intensitas Research and Development Dan Kinerja Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi AKUNESA, 5(1).

Muis, R. M. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr), Tipe Industri, Dan Research And Development (R&D) Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Non Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Manajemen.(Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya. Bandar.

Muklis, F. (2016). Perkembangan Dan Tantangan Pasar Modal Indonesia. Al Masraf (Jurnal Lembaga Keuangan Dan Perbankan), 1(1), 1–12.

Noviani, L. P., Diatmika, I. P. G., & Yasa, N. P. (2017). Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Transparansi Sebagai Variabel Pemoderasi. E- Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

OJK. (2016). No Title. https://www.ojk.go.id/sustainable-finance/id/tentang/Pages/Pasar-Modal.aspx.

Pratama, R. S. (2020). Pengaruh product market competition, hedging, research and development, dan marketing terhadap nilai perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur …. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51470

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Titman, S., & Wessels, R. (1988). The Determinants of Capital Structure Choice. Journal of Finance.

Waskito, M., & Faizah, S. (2021). PENGARUH RETURN ON EQUITY (ROE) DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN. 3(1), 30–43.

Wijaya, I. G. N. S. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Zhu, Z., & Huang, F. (2012). The Effect of R&D Investment on Firms Financial Performance: Evidence from the Chinese Listed IT Firm. Modern Economy, Volume 3, No. 2.

Zulkarnain, A. W. (2017). Pengaruh Free Cash Flow, Kepemilikan Manajerial Dan Collateralizable Assets Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2011-2015. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

2022-08-31